Sabtu , 20 April 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Butuh Puskesmas Tipe D

Butuh Puskesmas Tipe D

MUKOMUKO – Empat Puskesmas di Kabupaten Mukomuko layak ditingkatkan jadi Puskesmas tipe D. Puskesmas tersebut  yakni Puskesmas Perawatan Lubuk Pinang, lalu Puskesmas Perawatan Ipuh, Puskesmas Perawatan Pondok Suguh serta Puskesmas Perawatan Bantal.

‘’Ini yang sangat kita harapkan. Puskesmas Rawat Inap kita ditingkatkan menjadi Tipe D,’’ papar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mukomuko, Jun Harto, SKM.

Salahsatu keuntungan Puskesmas dinaikan menjad tipe D, jumlah fasilitas rawat inap akan lebih banyak. Minimal setiap Puskesmas itu punya 50 tempat tidur untuk rawat inap. Maka akan lebih banyak warga yang bisa ditangani rawat inap di Puskesmas tersebut.

‘’Ini karena jumlah warga yang harus dilayani di empat Puskesmas itu, cukup banyak. Apalagi seperti di Lubuk Pinang dan Ipuh, sama-sama Puskesmasnya tak jauh dari perbatasan dengan kabupaten dan provinsi lain,’’ ujar Jun Harto.

Selain bertambah fasilitas rawat inap, dan keuntungan lain, di Puskesmas itu akan ditambah petugas medisnya. Bahkan ditugaskan minimal dua tenaga spesialis. Misal spesialis kebidanan, anak dan penyakit dalam. “Dengan menjadi Puskesmas tipe D, jumlah pasien yang dilayani bisa meningkat. Bisa sampai 300 lebih perharia,” kata Jun Harto.

Ditambahkan, kewenangan menetapkan status peningkatan Puskesmas, ini jadi kewenangan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Untuk mewujudkan itu, perlu adanya program peningkatan gedung, juga disertai penambahan kuantitas sarana dan prasarana serta kualitas pelayanan.

‘’Ini tak terlepas dari dukungan anggaran. Karena kini gedung yang ada di empat Puskesmas tersebut, ukurannya masih kecil, perlu ditambah. Sehingga dapat menampung jumlah pasien lebih banyak lagi dari yang sekarang,’’ demikian Jun Harto.(hue)

Berita Lainnya

Gerry Ditemukan Tewas

MUKOMUKO – Gerry Pramudya Antuvi (17), pelajar SMAN 1 Mukomuko, kelas XI, akhirnya ditemukan dalam ...

error: Content is protected !!