Saturday , 19 January 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Desa Berkembang Harus Jadi Desa Mandiri

Desa Berkembang Harus Jadi Desa Mandiri

PERI/RB
RAKOR: Pelaksanaan Rakor Tim Inovasi Kabupaten difasilitasi DPMD Mukomuko.

MUKOMUKO – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mukomuko Saroni, SH, menyatakan desa-desa yang di Kabupaten Mukomuko yang sampai sekaranag masih berstatus sebagai desa berkembang, harus termotivasi menjadi desa mandiri.

Hal ini disampaikannya saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Inovasi Kabupaten dan Evaluasi Pelaksanaan Program Inovasi Desa (PID) yang difasilitasi Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat (PUEM) Perdesaan DPMD Mukomuko, kemarin (26/12).

‘’PID diharapkan bisa dorong produktivitas desa. Jadi dari desa berkembang bisa menjadi desa mandiri. Kini sudah ada desa mandiri di Kabupaten Mukomuko. Kita berharap bisa diikuti oelh desa lainnya,” ujar Saroni didampingi Kabid PUEM Perdesaan DPMD Mukomuko, Juni Erwani, S.IP, MM.

Lebih lanjut dikatakan Saroni, TPID, PD, dan PLD harus bersinergi sama pemerintah desa, pemerintah kecamatan, dan pemerintah kabupaten. Ini tujuannya agar dana desa (DD) bisa lebih bermanfaat. Dengan tidak meninggalkan prioritas-prioritas yang dibutuhkan masyarakat.

Selain itu, dengan sinergitas bisa merumuskan serta memecahkan masalah apa yang selama ini dihadapi dan dapat dituntaskan. Serta dapat menemukan apa yang bisa dilakukan tahun 2019. “Makanya harus saling mengisi antar TPID, PD, PLD dan pemerintah desa,” ujar Saroni.

Lebih lanjut dikatakan tiga unsur itu harus mendorong penggunaan DD lebih berkualitas dan efektif. Ini dalam rangka efisiensi pembangunan dari DD. Karena PID hadir sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembangunan DD.

 

Saroni menambahkan pembangunan desa tidak hanya pada infrastruktur. Tapi bagaimana meningkatkan sumber daya manusia (SDM), kembangkan potensi desa serta wirausaha di desa. Sehingga bisa menjadi nilai tambah bagi desa. Apalagi kini sudah ada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di setiap desa.(hue)

 

Berita Lainnya

Pengajian Malam Jumat

MUKOMUKO – Dengan tuntasnya pembangunan bangunan utama Masjid Agung, kini berbagai kegiatan keagamaan dapat dilakukan ...