Kamis , 23 Mei 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Dorong Pendirian Pabrik Pengolahan Kopi

Dorong Pendirian Pabrik Pengolahan Kopi

ARIE/RB
PAPARAN: Sekda Kabupaten Kepahiang, Zamzami Zubir, SE, MM sedang menyampaikan pemaparan mengenai rencana industri yang akan dilakukan di Kabupaten Kepahiang tahun 2019 mendatang.

KEPAHIANG – Potensi komoditi kopi yang dimiliki Kabupaten Kepahiang untuk beberapa tahun ke depan akan terus ditingkatkan oleh Pemkab Kabupaten Kepahiang. Bahkan saat ini Pemkab Kepahiang tengah mendorong pendirian pabrik pengolahan kopi, agar kopi hasil dari petani bisa langsung diolah menjadi produk siap jual dan siap dikonsumsi oleh masyarakat.

Guna mendukung hal tersebut, Pemkab Kepahiang pun saat ini sedang mempersiapkan sejumlah lahan untuk bisa dimanfaatkan oleh para investor yang ingin menanamkan modalnya, untuk mendirikan pabrik pengolahan kopi di Bumei Sehasen tersebut.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Darah (Sekda) Kabupaten Kepahiang, Zamzami Zubir, SE, MM dalam kegiatan Ekspose Industri yang dilakukan di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kepahiang, kemarin (26/12).

“Rencananya kita akan menyediakan lahan pengolahan kopi bagi investor di Desa Temdak, Kecamatan Seberang Musi, yang saat ini telah dibeli oleh Pemkab Kepahiang. Selain lahan, kita juga akan menyiapkan bangunan pabriknya sehingga bisa dikelola dengan baik,” jelas Zamzami.

Langkah ini dilakukan Pemkab, agar Kabupaten Kepahiang yang saat ini sudah resmi memiliki jenis kopi tersendiri, bisa terus meningkatkan kualitas dari potensi kopi yang ada. Untuk itu Pemkab Kepahiang pun membuka pintu yang seluas-luasnya bagi para investor yang ingin membantu membangun peningkatan produktivitas kopi Kepahiang.

“Ya kita terbuka untuk semua investor yang akan masuk. Nantinya kita akan lihat siapa investor yang memang benar-benar bisa mengembangkan dan meningkatkan kualitas dan produktivitas potensi kopi yang kita miliki ini,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperindagnaker) Kabupaten Kepahiang, Yurnalis, SE, MM mengungkapkan, rencana pembangunan pabrik pengelolaan kopi di Kecamatan Seberang Musi pada tahun 2019 mendatang, didukung dengan anggaran Rp 2,5 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kepahiang.

“Lahan dan pabrik akan kita biayai melalui DAK. Tinggal ke depannya seperti apa investor yang akan kemudian melakukan pengembangan produksi atas potensi yang ada,” singkat Yurnalis. (sly)

Berita Lainnya

Tunggu Putusan Hukum Tetap

KEPAHIANG – Pascaditetapkannya Kepala Desa (Kades), Sekretaris Desa (Sekdes), dan Bendahara Desa (Bendes) Ujan Mas ...

error: Content is protected !!