Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Dua Ponpes Diusulkan Untuk Dibangun Rusun

Dua Ponpes Diusulkan Untuk Dibangun Rusun

MUKOMUKO – Dua pondok pesantren (Ponpes) di Kabupaten Mukomuko diajukan Pemkab Mukomuko mendapat pembangunan rumah susun (Rusun) diperuntukkan kepada para santri.

Dua Ponpes tersebut adalah Ponpes Darul Amal Kecamatan Pondok Suguh. Ponpes Al-Iman di Kecamatan Air Manjuto. Pengajuannya disampaikan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hanya dua Ponpes yang diajukan, karena syarat minimal untuk mendapat program tersebut, minimal jumlah santri 300 orang. Juga memiliki lahan sekitar 1,5 hektare.

‘’Syarat minimal 300 santri. Juga harus memiliki lahan seluas 1,5 hektare atau 6.000 persegi. Jadi Darul Amal dan Al Iman ini memang memenuhi kriteria,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Mukomuko, Edi Yanto, SE, M.Si.

Jika dikabulkan pemerintah pusat pembangunan gedungnya bertingkat, seperti layaknya Rusun yang biasa dibangun pemerintah. Edi optimis usulan tersebut bisa terwujud. Karena informasi yang dia terima, di Kota Bengkulu ada salahsatu Ponpes yang dikucurkan pemerintah pusat dana untuk pembangunan rusun.

‘’Pengajuan yang kami masukkan bukan tahun 2019. Sebab APBN 2019 sudah selesai. Jadi kita ajukan tahun 2020. Makanya kita usulkan dari sekarang,” papar Edi.

Selain pengajuan Rusun untuk santri. Dinas Perkim juga ajukan pembangunan rumah nelayan Ipuh. Pengajuan itu, diharapkan bisa diakomodir tahun 2020. Pihaknya sedang mengupayakan anggaran pembebasan lahan terlebih dulu. Itu harus dibiayai APBD Kabupaten.

‘’Kini lagi dibangun rumah nelayan sebanyak 50 unit di Koto Jaya. Ini diberikan kepada nelayan berdomisili di Kecamatan Kota Mukomuko. Rumah tersebut dalah tipe 28, yang diberikan kepada nelayan yang belum miliki rumah. Rumah tersebut dilengkapi listrik dan air sumur,” ujar  Edi.(hue)

Berita Lainnya

16 Tahun Jembatan Tidak Diperbaiki

AIR RAMI – Jembatan gantung sepanjang 40 meter kondisinya memprihatinkan. Jembatan ini merupakan akses penghubung ...

error: Content is protected !!