Kamis , 18 April 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Gunung Kaba Masih Aman

Gunung Kaba Masih Aman

CURUP – Kondisi bencana alam sunami maupun peningkatan aktivitas gunung api di beberapa wilayah Indonesia, tidak serta merta diikuti dengan aktivitas gung bukit kaba yang ada di kabupaten Rejang Lebong (RL). Sehingga Bukit Kaba yang biasa disebut para pendaki ini, masih dinyatakan aman untuk dikunjungi oleh wisatawan maupun pendaki yang rutin setiap minggu maupun setiap bulan berkunjung.

Ini disampaikan Petugas Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bukit Kaba Sujani kepada RB. ‘’Statusnya aktif normal dan masih aman untuk dikunjungi. Namun tetap saja harus berhati-hati ketika sedang turun hujan, apalagi terjadi badai saat sedang berada di puncak bukit kaba,’’ terang Sujani.

Dalam kondisi hujan dan petir, sambung Sujani, pendaki disarankan untuk turun saja untuk menghindari ancaman bahaya cuaca ekstrim yang terjadi di puncak Bukit Kaba. ‘’Karena memang sangat rawan sambaran petir ketika sedang turun hujan lebat disertai petir. Pengunjung juga kita sarankan untuk tidak menggunakan alat elektronik yang bisa menjadi konduktor listrik saat sedang hujan petir,’’ sambung Sujani.

Ditambahkan Sujani, Gunung Api Bukit Kaba itu sendiri sejak dua tahun belakangan tidak mengalami peningkatan status. Walaupun gunung api lainnya banyak yang mengalami peningkatan aktivitas. ‘’Makanya kita sampaikan kondisi saat ini, bukit kaba masih aman untuk dijadikan wisata pendakian atau dikunjungi,’’ demikian Sujani.(dtk)

Berita Lainnya

Insentif Dokter Belum Dibayar, Termasuk Uang BPJS

CURUP – Meskipun sudah memasuki pertengah April 2019 atau sudah menjelang akhir Catur Wulan Pertama ...

error: Content is protected !!