Wednesday , 23 January 2019
Home / Daerah / Seluma / Irigasi Jebol, Sawah Terancam

Irigasi Jebol, Sawah Terancam

SELUMA TIMUR – Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Seluma sejak dua hari terakhir menyebabkan irigasi Sungai Air Hitam di Kelurahan Sembayat, Kecamatan Seluma Timur jebol, Selasa (26/12) malam. Akibatnya 25 hektare lahan persawahan yang ada di kelurahan tersebut terancam gagal panen. Padi yang ditanam baru berumur 1,5 bulan.

Tokoh masyarakat Kelurahan Sembayat, Amirwan mengatakan jebolnya saluran irigasi tersebut disebabkan tertimpa pohon besar yang telah lama mati, roboh.

‘’Pohon itu roboh pas mengenai pematang dan sebagian lagi masuk ke saluran irigasi. Sehingga air menggenang dan menjebolkan irigasi tersebut,’’ kata Amirwan, kepada RB kemarin (26/12).

Dijelaskannya Amirwan, bagian yang jebol sepanjang empat meter. Sehingga semua air keluar melalui lubang besar tersebut. Tidak ada air sedikitpun yang sampai ke sawah warga.

‘’Kalau kini sawah kami kering semua, padahal umur padi yang saat ini baru 1,5 bulan sangat membutuhkan pasokan air yang cukup agar pertumbuhannya normal dan tidak mudah diserang penyakit,’’  jelas Amirwan.

Sebagai langkah penanggulangan darurat agar air dapat mengalir, sebanyak 50 kepala keluarga (KK) pemilik sawah yang dialiri irigasi itu, kemarin (26/12) bergotong royong memperbaiki pematang irigasi. Pohon besar yang menimpa pematang disingkirkan. Selanjutnya lubang sepanjang empat meter ditutup dengan menggunakan karung yang telah di isi tanah.

‘’Kita sumbangan sukarela dari pemilik sawah sebesar Rp 5 ribu/KK. Uang tersebut kami gunakan untuk menyewa Chainsaw untuk memotong dan menyingkirkan batang pohon tersebut,’’ ujar Amirwan.

Lurah Kelurahan Sembayat, Sawihin, S.Sos mengatakan saat ini air sudah mulai mengalir walaupun belum normal. Namun demikian dirinya tetap mengharapkan agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma dapat melakukan perbaikan saluran irigasi tersebut. Karena perbaikan yang dilakukan oleh warga tidak menjamin dan masih memungkinkan saluran irigasi tersebut jebol kembali.(aba)

Berita Lainnya

Ilham, Bayi Hiperbillirubin Butuh Bantuan

Tak dapat dibayangkan gundah gulananya perasaan Sutrisno (24) dan istri, Sezy Liana Sari (22) warga ...