Rabu , 19 Juni 2019
Home / Daerah / Lebong / Kekurangan PNS di Lebong Bertambah

Kekurangan PNS di Lebong Bertambah

PELABAI – Jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Lebong kembali berkurang. Tahun ini total PNS di Kabupaten Lebong hanya 2.500 orang. Pengurangan itu lantaran sepanjang tahun 2018, persisnya periode Januari hingga kemarin (26/12) Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional VII Wilayah Palembang telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) pensiun bagi 80 PNS Pemkab Lebong.

PNS yang telah dipensiunkan itu rata-rata golongan III dan IV. Rinciannya 31 tenaga guru, 14 tenaga kesehatan dan 35 tenaga struktural. ‘’Dengan semakin banyak PNS yang pensiun, Pemkab Lebong semakin terancam kekurangan jumlah ASN (Aparatur Sipil Negara, red),’’ ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lebong, H. Guntur, S.Sos melalui Kabid Mutasi dan Pengadaan Pegawai, A Ropik, S.Sos kepada RB.

Namun adanya penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan kuota 209 formasi tahun ini, setidaknya dapat membantu Pemkab Lebong dalam menutupi kebutuhan pegawai. Walaupun dari kuota itu, formasi yang bakal terisi hanya 206. ‘’Dengan kondisi itu, jelas keberadaan TKK (tenaga kerja kontrak, red) masih sangat diperlukan,’’ terang Ropik.

Terpisah, Penjabat Sekda Lebong, Drs. Dalmuji Suranto memastikan tetap akan mengusulkan perekrutan CPNS di tahun 2019. Soalnya dengan kondisi sekarang, paling tidak Pemkab Lebong butuh 5 ribu PNS guna menjalankan roda pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal. Namun untuk jumlahnya masih akan dikoordinasikan dengan pusat.

‘’Bukan Lebong saja, hampir semua kabupaten di Provinsi Bengkulu, termasuk Pemprov kekurangan PNS,’’ tandas Dalmuji.(sca)

Berita Lainnya

Usulan CPNS Lebong Kangkangi SE Menpan

PELABAI – Hingga Selasa (18/6), Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lebong ...

error: Content is protected !!