Sabtu , 16 Februari 2019
Home / Metropolis / Mau jadi Camat, Daftar via Online

Mau jadi Camat, Daftar via Online

/RB
PEMBICARA: Sekda Kota Marjon, MPd saat menjadi pembicara dalam kegiatan peningkatan kapabilitas aparat pengawas intern pemerintah daerah di Inspektorat Kota Bengkulu kemarin (26/12).

BENGKULU– Penyusunan struktur birokrasi pejabat eselon II, III, IV di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu terus dimatangkan. Bahkan terbaru Pemkot tengah mempersiapkan open rekrutmen untuk posisi jabatan camat dan lurah se-Kota Bengkulu. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bengkulu Marjon.

“Ya rencana kita memang untuk posisi jabatan camat dan lurah akan kita buka open rekrutmen nantinya. Nanti ASN yang memiliki posisi yang pantas dan punya kriteria yang sesuai bisa mendaftarkan diri,” kata Marjon.

Ditambahkan Marjon, pendaftaran rekrutmen posisi jabatan camat dan lurah nantinya akan mengunakan sistem aplikasi online yang saat ini tengah dipersiapkan Pemkot. Namun untuk usulan persyaratan dan ketentuan lainnya juga akan dibahas lagi. “Sementara ini sifatnya baru usulan kita, nanti tergantung atasan kita (walikota). Yang jelas jika disetujui sekitar Februari mendatang mulai dilaksanakan (open rekrutmen) tersebut. Namun sejauh ini kita masih mempersiapkan semuanya,” terang Marjon.

Menurut Marjon, sistem perekrutan lurah dan camat harus pakai sistem aplikasi online. Ketika kriterianya cukup maka bersangkutan nantinya bisa naik level. “Jadi harus ada tantangan edukasi, jadi lurah dan camat harus paham teknologi, jika tidak paham maka dia tidak akan lulus,” tambahnya.

Diera zaman digital saat ini, sambung Marjon, ASN harus melek terhadap teknologi. Sebab teknologi sudah menjadi kebutuhan dasar yang tidak bisa dihindari. “Apalagi untuk menciptakan jati diri sebagai tugas fungsional, maka kita harus mengetahui apa yang harus dikerjakan,” ucapnya.

Lanjut Marjon, ASN harus menjadi orang yang terbaik dalam menjalankan tugas dan fungsinya. “Karakter moral dan karakter kompetensi harus dimiliki dan dipahami dari sisi penataan kepegawaian dan pengawasan,” tutupnya.

Terpisah Ketua Komisi I DPRD Kota Hj. Mardiyanti, SH mendukung penuh rencana Pemkot terhadap perekrutan camat dan lurah tersebut dengan sistem open rekrutmen. Sebab ia menilai dengan adanya open rekrutmen tersebut akan transparan berkaitan dengan penempatan posisi jabatan.

“Ya kita berharap dengan adanya open rukretmen nantinya mendapatkan criteria pejabat yang layak dan pantas dan benar-benar mau bekerja untuk kemajuan daerah ini. Termasuk mendukung penuh dalam menjalankan program walikota/wakil walikota,” ungkap Mardiyanti.

Selain itu ditambahkan Mardiyanti, dalam penempatan posisi jabatan, pertimbangan melihat disiplin ilmu dan kemampuan, serta siap mengabdi kepada negara dengan baik juga harus dilihat dalam penyeleksian.  “Karena jika memilih dan menempatkan para pejabat itu, tidak sesuai dengan disiplin ilmu dan kemampuan. Sehingga akan berakibat pada kinerja pada OPD itu sendiri. Tentu  otomatis nama baik Pemkot Bengkulu juga tidak baik dimata masyarakat nanti,” pungkasnya.(new)

 

Berita Lainnya

Presiden Percepat Pembangunan

BENGKULU – Gubernur Bengkulu, Dr. Rohidin Mersyah, MM berhasil meyakinkan Presiden RI Ir. Joko Widodo ...

error: Content is protected !!