Jumat , 22 Maret 2019
Home / Metropolis / Program ASN tes HIV AIDS

Program ASN tes HIV AIDS

BENGKULU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu meminta setiap daerah membuat program untuk melakukan screening HIV/AIDS terhadap para Aparatur Sipil Negara (ASN). Sebab ASN juga berisiko teridap penyakit menular yang cukup berbahaya tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, H. Herwan Antoni, SKM, M.Kes, M.Si mengatakan, ASN juga bisa berisiko jika kerap berada di luar daerah. Sehingga bisa terdeteksi secara dini bagi ASN. Screening ini bertujuan supaya virus HIV lekas terdeteksi dan bisa segera melakukan penanggulangan. “Sehingga tidak berkembang menjadi AiDS yang bisa membuat daya imun tubuh semakin melemah,” terangnya.

Biaya screening ini hanya Rp 100 ribu per orang. Dinas Kesehatan di masing-masing kabupaten supaya bisa melakukan segera. Ditambahkan Herwan, Dinkes Provinsi akan melakukan backup terhadap kegiatan itu. Dengan menyediakan peralatan ataupun pelatihan bagi tenaga ahli, sehingga program ini bisa berkelanjutan. “Selain itu juga screening lokasi yang rawan. Seperti lokalisasi, komunitas LGBT dan lainnya. Sehingga lekas terdeteksi,” ujarnya.

Dia mengatakan tahun ini sudah ada 1.027 orang penderita HIV/AIDS. Yang tersebar di seluruh kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Tidak ada kabupaten yang tidak ada warganya teridap penyakit tersebut. “Seluruhnya sudah ada. Terbanyak ada di kota dan Rejang Lebong. Mengapa karena di sana ada klinik dan juga puskesmas yang melakukan kegiatan pengecekan secara rutin,” terangnya.

Sebagai upaya penanggulangan juga dilakukan screening terhadap ibu hamil. Kemudian juga memberikan sosialiasi supaya setia pada pasangan. Selain itu juga melakukan gerakan mempertebal keimanan. “Karena ini merupakan hal yang terbaik,” ujarnya.

Selain itu juga warga yang sudah terdeteksi dilakukan pengobatan secara gratis. Sehingga mereka bisa terus sehat dan beraktivitas seperti biasa. “Pengobatan gratis,” tutupnya. (del)

Berita Lainnya

Perubahan Ekonomi Sosia

l BENGKULU – Manusia diciptakan Allah SWT dengan tujuan semata-mata hanya untuk beribadah kepada-Nya. Sehingga ...