Kamis , 12 Desember 2019
Home / Metropolis / Pungut Uang Lapak, Pungli!

Pungut Uang Lapak, Pungli!

TAUFIQ/Magang/RB
PEDAGANG: Diprediksi saat perayaan pergantian tahun baru 2019, kawasan Pantai Panjang akan diramaikan oleh para pedagang. Terlihat suasana lapak pedagang di pinggir Jalan Pariwisata Pantai Panjang.

BENGKULU – Menjelang malam pergantian tahun baru, biasanya suasana di Jalan Pariwisata Pantai Panjang akan dipenuhi dengan banyaknya pedagang kaki lima (PKL) karena jumlah kunjungan wisatawan yang meningkat drastis. Menyikapi keberadaan PKL musiman ini, Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Bengkulu memastikan tidak akan ada pungutan apapun kepada PKL terkait keberadaan lapaknya.

Bila ada, maka dipastikan itu adalah pungutan liar (Pungli).“Selain tarif parkir, tidak ada tarif lainnya. Lapak para pedagang itu digratiskan,” jelas Sekretaris Dispar Kota Bengkulu, Yayan Alfian, SE,ME kepada RB, kemarin. Ia pun mengimbau agar para PKL nantinya mengabaikan saja bila ada orang yang meminta pungutan dengan dalih apapun.

Yayan juga mengimbau, apabila nanti memang ada oknum tertentu yang meminta pungutan maka diharapkan segera laporkan ke petugas terkait sehingga oknum tersebut dapat ditindak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Namun memang, ada beberapa lokasi tertentu yang tidak diperbolehkan untuk menggelar lapak dagangannya.

“Kami juga sudah memperkirakan jika nanti pada saat perayaan pergantian tahun baru akan ramai oleh pedagang ini,” terangnya.

Agar nantinya objek wisata Pantai Panjang yang menjadi andalan Kota Bengkulu sebagai tempat liburan tersebut menjadi tertib dan aman, harapannya, tidak ada gejolak, khususnya berkaitan dengan adanya pungli lapak bagi kalangan pedagang musiman yang berjualan pada saat waktu-waktu ramai saja.

Sementara itu, salah seorang pedagang yang ada di kawasan Pantai Panjang, Anton mengaku sejauh ini mereka berjualan tidak ada pihak yang melakukan pungutan. Dia berharap nantinya juga pada saat tahun baru yang diperkirakan bakal ramai juga sama seperti sekarang ini. “Kalau sekarang tidak ada, mudah-mudahan nanti memang tidak ada juga sampai selesai liburan tahun baru,” tutur bapak satu anak yang berjualan pakaian ini. (zie)

Berita Lainnya

Pohon Tumbang Nyaris Celakai Pengendara

BENGKULU– Hujan badai dan angin kencang yang melanda Kota Bengkulu Rabu (11/12) petang sekitar pukul ...

error: Content is protected !!