Saturday , 19 January 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / 1.112 Santri Tuntas Membaca Al Quran

1.112 Santri Tuntas Membaca Al Quran

PASAR MANNA – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) tahun ini kembali menggelar wisuda santri tamat baca Al Quran. Jumlah yang diwisuda tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya, dari 789 bertambah hingga 1.112 santri. Berasal dari majelis taklim dan TPQ di Kabupaten BS.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten BS, H. Arsan S Ibrahim, M.HI menerangkan jumlah santri tuntas baca Al Quran tahun ini mencapai 1.112 santri. Diantara ribuan santri tersebut terdapat peserta Lanjut Usia (lansia) dengan usia diatas 50 tahun sebanyak 110. Tersebar di Kecamatan Kota Manna ada 15 orang, Pino Raya ada 59 orang, Seginim ada 9 orang, Kedurang Ilir ada 15 orang, dan Air Nipis sebanyak 12 orang. Wisuda para santri tuntas baca Al Quran ini digelar di Gedung Pemuda, Kamis (27/12).

“Jumlah peserta wisuda dari kalangan lansia juga bertambah tahun ini, sebelumnya hanya 17 orang. Untuk peserta wisuda tertua, Sukma umur 91 tahun dari majelis taklim Pagar Banyu Kedurang,” kata Arsan.

Dengan adanya peserta lansia tersebut, sambung Arsan, membuat pihaknya bangga karena bukan hanya anak-anak yang bersemangat untuk belajar membaca Al Quran tapi juga lansia. Kedepan pihaknya berharap setiap kecamatan terdapat peserta wisuda dari lansia. Sehingga program pemberantasan buta aksara Al Quran di Kabupaten BS terwujud. “Wisuda ini digelar dalam rangka Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag RI ke-73,” terangnya.

Arsan menambahkan, selain wisuda baca Al Quran, rangkaian kegiatan peringatan HAB lainnya yang digelar adalah lomba dakwah Al Quran dan MTQ antar pegawai Kemenag. Kemudian lomba rebana, bola voli, pawai kerukunan umat beragama pada 2 Januari mendatang, dan puncaknya upacara HAB di Lapangan  Sekundang pada 3 Januari mendatang.(tek)

Berita Lainnya

Kades Mengundurkan Diri

KOTA MANNA – Kepala Desa Kembang Sri Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Sarno ...