Saturday , 19 January 2019
Home / Daerah / Seluma / 301 Pasang Sidang Isbat

301 Pasang Sidang Isbat

 

Yayan/RB
MOU: Kakan Kemenag Seluma Drs. H. Herman Yatim, MM menandatangani MoU Komitmen isbat nikah terpadu, kemarin (27/12)

SELUMA – Bila sebelumnya disebutkan 300 pasangan, warga Kabupaten Seluma ikuti sidang isbat nikah terpadu, ternyata bertambah 1 pasang. Sehingga ada 301 pasangan yang sidang isbat untuk mendapatkan buku nikah. Kegiatan berlangsung di Kantor Kementerian Agama Seluma, mulai kemarin (27/12) pukul 08.00 WIB.

Kakan Kemenag Seluma Drs. H. Herman Yatim, MM mengatakan sidang isbat nikah ini digelar dua hari merupakan kerja sama Kemenag Seluma, Pemkab Seluma dan Pengadilan Agama (PA) Tais. ‘’Hari pertama (kemarin,red) kita isbatkan 151 pasang, sisanya kita sidang isbat besok (hari ini),’’ kata Herman, kemarin (27/12).

Lanjutnya sidang isbat nikah terpadu untuk 301 pasangan suami istri ini sepenuhnya dibiayai Pemkab Seluma dengan anggaran sebesar Rp 80 juta dari APBD Perubahan 2018. ‘’Gratis, tidak dipungut biaya sepeserpun kepada peserta,’’ ujarnya.

Dalam melaksanakan sidang isbat nikah ini, PA Tais menurunkan empat hakim menyidang setiap pasangan suami istri yang belum memiliki buku nikah. Satu persatu pasangan suami istri dipanggil untuk disidang oleh hakim yang di saksikan langsung oleh Kakan Kemenag dan Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Saiful Anwar, M.Pd.

‘’Setelah kita mengikuti sidang isbat, pasangan suami istri ini akan mendapatkan buku nikah dan status pernikahannya telah sah di mata hukum pemerintahan,’’ demkiaan Herman.(aba)

Berita Lainnya

Sopir Ngantuk, Mobil ke Jurang

SELUMA – Pengalaman berharga bagi pengemudi lainnya. Sebaiknya menghentikan laju kendaraan, menepi dan beristirahat sejenak ...