Senin , 25 Maret 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Bup: Saya Siap Lindungi Kades

Bup: Saya Siap Lindungi Kades

PERI/RB
BUKA: Bupati Mukomuko H. Choirul Huda, SH melambaikan tangan kepada peserta peningkatan kapasitas, kemarin (27/12).

MUKOMUKO – Bupati Mukomuko H. Choirul Huda, SH menyatakan siap melindungi kepala desa (Kades) dalam  menjalankan tugas. Tapi ada ketentuan yang wajib dipatuhi, yakni apa yang dilakukan kades sesuai dengan aturan.

‘’Sekalipun kades dipanggil pihak kepolisian guna klarifikasi atau diminta keterangan oleh kejaksaan,’’ kata bupati saat membuka kegiatan peningkatan kapasitas kades terpilih priode 2018-2024 dan ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Hotel Bumi Batuah, kemarin (27/12).

Lanjut bupati masyarakat sekarang sangatkritis. Lapor sana sini. Kades dipanggil jaksa, dipanggil polisi, sampai tidak tidur. Padahal hanya untuk klarifikasi saja. Selagi bisa dibantu, tetap saya bantu. ‘’Tapi kalau menyangkut aturan main saya tidak bisa. Karena sistem dibentuk untuk kebaikan,’’ tegas bupati.

Kades diingatkan bisa bersinergi dengan seluruh pihak, termasuk dengan BPD. Karena keduanya saling berkaitan dan tidak ada yang paling menonjol. Kades juga harus menyatukan dan mengayomi masyarakat. Pembangunan pun harus dari usulan masyarakat.

“Kades harus bersinergi dengan semuanya. Termasuk juga dengan TP4D, Babinkamtibmas, dab Babinsa. Aturan main laksanakan dengan bagus, koordinasikan dengan bagus, jadi kita aman. Saya tak mau ada hal yang bermasalah,” papar bupati.

Lebih lanjut dikatakan, Kades yang baru harus  menyesuaikan diri. Belajar dan memahami tata kelola pemerintahan sehingga mumpuni. Lalu punya kemampuan mengatasi dan menyelesaikan masalah dan memberikan solusi.

Apalagi Kades perpanjangan tangan Pemkab. Sukses atau tidak tergantung kades selaku ujung tombak. Artinya Kades yang punya kebermanfaatan terdekat di masyarakat.

“Jangan segan dan bosan ketika masyarakat datang minta solusi, minta memecahkan masalahnya. Jadi jangan hanya peduli dengan bu kades. Jika kades peduli masyarakatnya, masyarakat akan peduli dengan kades. Biarpun kemampuan kita kadang tidak begitu, tapi itu harus dipahami,” demikian bupati.(hue)

Berita Lainnya

Aktivitas Karaoke dan Panti Pijat Dibatasi

MUKOMUKO – Mediasi antara pengusaha pemlik usaha karaoke dan panti pijat, berhasil digelar. Dimediasi oleh ...

error: Content is protected !!