Senin , 27 Mei 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Hasil Audit, Temuan Sebesar Rp 400 Juta

Hasil Audit, Temuan Sebesar Rp 400 Juta

MUKOMUKO –Pelaksanaan audit atas utang Pemkab Mukomuko dengan pihak rekanan, sudah selesai  diekspos di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Dari hasil ekspose tersebut, kesimpulannya ada temuan Rp 400 juta. Temuan itu merata pada enam paket proyek yang diklaim sebagai piutang Pemkab oleh kontraktor.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mukomuko, Apriansyah, ST, MT tak menampik. Menurutnya, temuan itu tak ada permasalahan. Karena akan langsung dipotong oleh Pemkab saat pembayaran utang Pemkab ke pihak kontraktor. ‘’Memang ada beberapa temuan setelah dilakukan audit. Nilainya sekitar Rp 400 juta lebih,” papar Apriansyah.

Utang Pemkab Mukomuko pada kontraktor, sebesar Rp 12 miliar. Nantinya saat pembayaran, temuan Rp 400 juta itu dikurangi dari Rp 12 miliar tersebut. “Soal denda di masing-masing paket, bervariasi,” imbuhnya.

Tak hanya dikurangi dengan adanya temuan. Khusus untuk kontraktor pembangunan Balai Daerah tahun 2017, mereka juga dikenakan denda. Diantaranya mereka harus cairkan jaminan pelaksanaan sebesar Rp 437 juta.

“Jadi misal klaim piutang Rp 1,7 miliar. Nah yang kita berikan setelah dipotong dari denda keterlambatan dan temuan serta jaminan pelaksanaan. Sisa setelah dipotong semua, itulah yang kita bayarkan ke mereka,” papar Apriansyah.

Demikian juga dengan proyek lain yang diklaim pihak kontraktor ada utang Pemkab. Denda di masing-masing proyek bervariasi, sesuai dengan hitungan yang rumusnya sudah ditetapkan pemerintah.

“Seperti paket peningkatan jalan I, dikenai denda 20 hari, karena terjadi putus kontrak 25 Desember. Mereka melanjutkan pekerjaan dari 26 Desember 2017 sampai 17 Januari 2018,” jelas Apriansyah.

Kini proses pencairan sudah diajukan pihak rekanan. Dan Dinas PUPR Mukomuko sudah menindaklanjuti dengan mengajukan MC perhitungan berapa sisa kontrak, berapa pajak, potongan temuan dan berapa denda.

“Sudah kita ajukan perhitungan. Mudah-mudahan segera tuntas. Untuk anggaran pembayarannya sudah diakomodir dalam APBD Perubahan 2018,” tutup Apriansyah.(hue)

Berita Lainnya

Bak Terbuka Angkut Penumpang, Ditilang

MUKOMUKO – Ini perhatian bagi masyarakat pemilik mobil bak terbuka. Seperti mobil pikap, dan truk ...

error: Content is protected !!