Senin , 25 Maret 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Irigasi Rusak, Petani Terancam Gagal Panen

Irigasi Rusak, Petani Terancam Gagal Panen

RIO/RB
RUSAK: Saluran irigasi di Desa Muara Danau Kecamatan Seginim mengalami rusak berat akibat derasnya hantaman air akibat hujan deras.

SEGINIM – Seluas 700 hektare lahan sawah di desa Muara Danau Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) terancam gagal panen. Ini karena, saluran irigasi yang mengairi persawahan mengalami rusak berat kemarin sore (26/12) akibat terjadi hujan deras.

Kepala Desa Padang Lebar, Dihar, mengatakan untuk saat ini dalam mengatasi kerusakan saluran, pihaknya gelar gotong royong untuk perbaikan seadanya. Dari kerusakan ini tidak hanya 700 hektare lahan sawah kekurangan air. Tapi jalan lintas irigasi juga terancam amblas akibat derasnya air yang menerjang tepi jalan.

“Irigasi tersebut pernah dilakukan peremajaan. Namun karena usianya sudah belasan tahun, mengakibatkan tidak kuat menahan debit air yang hujan yang sangat banyak,” terang Dihar.

Ia minta pemerintah secepatnya melakukan tindakan cepat agar memperbaiki kerusakan saluran. “Harapan kita pihak pemerintah secepatnya melakukan perbaikan, pasa saluran yang rusak akibat terkikis air,” ujarnya.

Sementara itu Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) BS, Ir. Silustero, menjelaskan pihaknya saat ini belum bisa berbuat banyak. Ini karena, untuk melakukan perbaikan harus menunggu anggaran tahun 2019.

Tapi kabar baik, saluran irigasi yang terjadi kerusakan itu, nantinya Dinas PUPR akan melakukan rehab yang akan menggunakan dana pemeliharaan tahun 2019.

“Kegiatan tahun 2019 sudah ketok palu. Ada dua kegiatan pemeliharaan yang masuk di APBDP perubahan. Nanti kita prioritaskan yang milik kabupaten,” demikian Silustero. (tek)

Berita Lainnya

Arung Jeram Terus Dikembangkan

KOTA MANNA –  Dinas pariwisata (Dispar) Kabupaten Bengkulu Selatan  telah menetapkan sungai Air Tenam  sebagai ...