Saturday , 19 January 2019
Home / Daerah / Kaur / Kades Wajib Patuhi Tapal Batas Desa

Kades Wajib Patuhi Tapal Batas Desa

KOTA BINTUHAN – Pemkab Kaur sejak tahun 2015 hingga 2018 sudah merampungkan pengukuran tapal batas di 192 desa dan tiga kelurahan. Tahun 2018 Pemkab Kaur juga merampungkan pengukuran tabat di enam kecamatan eks Kaur Utara. Yaitu Kecamatan Tanjung Kemuning, Kelam Tengah, Kaur Utara, Pagulu, Pagulir dan Lungkang Kule.

Kemarin (27/12) peta desa telah ditandatangani oleh camat, kades dan Bupati Kaur yang diwakili Asisten I Zailan, S.Pd di GSG. Ikut menyaksikan unsure Polri dan TNI. Penuntasan tapal batas ini sebagai pencapaian signifikan. Hampir semua desa dipasang pilar batas dan ditegaskan dengan surat peraturan bupati. Desa-desa yang sebelumnya punya masalah atau berselidih kini sudah damai.

Asisten 1 Zailan, S.Pd mengatakan kegiatan penandatanganan peta batas desa/kelurahan ini merupakan tindaklanjut dari perjanjian kerja sama antara Pemkab Kaur dan dengan TOPDAM II/Sriwijaya. Dengan rampungnya tapal batas ke depan bisa mewujudkan tertib administrasi wilayah.

“Para camat dan kepala desa saya minta mematuhi batas-batas yang telah kita tetapkan bersama, tanpa ada kepentingan pribadi dan golongan. Kita harap ke depan tidak ada lagi muncul gejolak terkait batas desa,” harap Zailan.

Sampai tahun 2018 ini total batas desa yang sudah dipetakan Pemkab Kaur terdiri dari 15 peta kecamatan. Kemudian 192 peta desa dan 3 peta kelurahan. Pembagian peta akan dilaksanakan serentak tahun 2019 setelah disahkannya Peraturan Bupati Kaur tentang Tapal Batas Kecamatan, Desa dan Kelurahan.

“Penetapan batas desa dan kelurahan diharapkan dapat memberi kepastian hukum terhadap batas administrasi suatu desa.  Sehingga dapat mempermudah tata ruang dalam perencanaan pembangunan desa dan kelurahan,” tutup Zailan.(cik)

Berita Lainnya

Lulus CPNS, Dua Caleg PKS Mundur

KOTA BINTUHAN – Satu lagi caleg PKS yang masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) pada ...