Rabu , 27 Maret 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / 114 BPD Berakhir

114 BPD Berakhir

BENTENG –  Sebanyak 114 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di  114 desa di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), akhir tahun ini habis masa kerjanya. Sementara, desa yang belum ada BPD setelah itu akan terjadi kekosongan.

Kasi Pemerintahan Setdakab Benteng, Sukirman, S.Sos saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa kekosongan tersebut tidak bisa diganti atau diisi oleh Pjs. BPD. “Karena, untuk bisa dilakukan pergantian setidaknya masih menyisakan masa tugas di atas setahun,” terangnya, kemarin (28/12).

Kekosongan ini akan terjadi, karena sistem pemilihan BPD saat ini tidak dengan tunjuk langsung. Melainkan juga dengan sistem pemilihan layaknya Pilkades. Hal ini termuat dalam PP Nomor 110 Tahun 2016 serta Perda Nomor 06 Tahun 2016 Tentang BPD.

“Selain itu, masa tahun politik juga berimbas pada belum bisa terlaksananya pemilihan BPD, meskipun 114 desa di akhir tahun hampir dipastikan tidak memiliki BPD,” katanya.

Meskipun demikian, hal tersebut tidak akan berpengaruh pada pelaksanaan pemerintahan di tingkat desa. Masih ada perangkat desa mulai dari Kadun hingga perangkat desa lainnya. Pemilihan BPD secara langsung baru akan dilaksanakan perdana untuk periode BPD seluruhnya yang ada di Benteng. “Meskipun sudah ada aturan melalui PP dan Perda, namun baru bisa dilangsungkan tahun depan,” jelasnya.

Dengan pemilihan secara langsung, diharapkan ada keseimbangan antara pemerintahan di tingkat desa. Kedudukan BPD saat ini layaknya lembaga legislatif yang ada di tingkat desa. Hal ini menyangkut urusan pelaksanan pembangunan. BPD sebagai lembaga di tingkat desa yang bertugas melakukan pengawasan.

“Pengawasan bertujuan untuk mencegah terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan pembangunan,” demikian Sukirman. (vla)

Berita Lainnya

177 Siswa SMK Ikuti UNBK

BENTENG – 177 siswa SMK se Kabupaten Benteng, Senin (25/3) mulai mengikuti Ujian nasional Berbasis ...

error: Content is protected !!