Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Distan Bentuk Brigade Proteksi Pertanian

Distan Bentuk Brigade Proteksi Pertanian

LAUNCHING: Distan Bengkulu Selatan launching Brigade Proteksi Pertanian di Desa Tanjung Tebat Bunga Mas yang dihadiri Plt Bupati BS Gusnan Mulyadi, kemarin (28/12).

BUNGA MAS – Untuk tingkatkan mutu serta produksi pertanian  dan perkebunan di Bengkulu Selatan (BS), Dinas Pertanian launching  Brigade Proteksi Pertanian di Desa Tanjung Tebat  Kecamatan Bunga Mas, kemarin (28/12). Launching ini disaksikan langsung Plt Bupati BS, Gusnan Mulyadi, SE MM.

Dikatakan Gusnan, tujuan hadirnya Brigade agar bisa mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman dan terhadap ternak warga. Diharapkan masyarakat bisa memaksimalkan kinerja Brigade Proteksi Pertanian. Selain itu juga Brigade dapat bekerja 1 x 24 jam.

Sehingga ketika ada hama dan penyakit pada tanaman warga atau ternak yang sakit agar segera dilaporkan supaya segera ditindaklanjuti. Tujuannya supaya kerugian yang diderita para petani dan peternak di BS dapat diminimalisir sedini mungkin.

“Kedepan hasil pertanian warga bisa meningkat dengan hadirnya Brigade Proteksi Pertanian ini,” terang Gusnan.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian BS, Sukarni SP, MM, mengatakan anggota dari Brigade Proteksi Pertanian ini terdiri dari  Bidang Peternakan, Perkebunan, Ketahanan Pangan serta para PPL dan PPK yang sudah disebar disetiap desa dan kecamatan pada wilayah BS. “Yang tidak kalah pentingnya petani dan peternak pro aktif, jangan sampai tidak tahu kalau ada masalah terhadap tanaman dan ternaknya,” ujarnya.

Selain itu, Sukarni mengingatkan para petani agar bisa mengasuransikan tanaman padinya. Karena jika gagal panen, akan mendapatkan asuransi sebesar Rp 6 juta per hektare. Jadi sawah yang gagal panen tak akan membuat para petani terpuruk. Karena ada ganti rugi dari pihak asuransi.

“Satu hal yang perlu diketahui petani, agar mengasuransikan usaha pertaniannya. Supaya saat gagal panen, tidak perlu khawatir karena sudah terdaftar di asuransi,” demikian Sukarni.(tek)

Berita Lainnya

Lusa, Jamaah Haji Tiba di Tanah Air

PASAR MANNA – Jamaah Haji Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) yang tergabung dalam Kloter 8 Padang ...

error: Content is protected !!