Kamis , 18 Juli 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Energi Panas Bumi

Energi Panas Bumi

KEPAHIANG – Pemkab Kepahiang bekerjasama dengan PT PLN Persero dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM), tahun 2019 memanfaatkan potensi energi panas bumi yang tersimpan. Hasil survei geofisika oleh Kementerian ESDM, Kepahiang dengan ketinggian wilayah 400-700 mdpl menyimpan banyak cadangan energi panas bumi yang potensial. Dimana cadangan energi panas bumi yang dimiliki Kepahiang mencapai 325 Mega Watt (MW).

“Jumlah cadangan energi yang dimiliki Kepahiang masuk dalam kategori besar dibanding wilayah lain di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel). Dengan cadangan energi ini, diharapkan Kepahiang mampu ikut andil dalam membangun dan mencukupi energi panas bumi yang dibutuhkan negara,” kata Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM.

Hasil koordinasi dengan Kementerian ESDM, jumlah potensi energi panas bumi yang dimiliki Indonesia berada di angka 11.073 MW dengan jumlah cadangan energi mencapai 17.435 MW. Jumlah tersebut tersebar di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Kepahiang. “Penggunaan energi di Provinsi Bengkulu berdasarkan data terakhir yang dimiliki adalah 674 KWH, masuk kategori tertinggi di Sumbagsel. Salah satu pemasok energi di Provinsi Bengkulu adalah Kepahiang,” beber Bupati Dayat.

Kini ada beberapa desa yang belum teraliri listrik di Kepahiang. Dia optimis tahun 2019 tidak ada lagi desa yang tidak teraliri listrik di Bumei Sehasen. “Masih ada beberapa desa yang belum teraliri listrik, salah satunya Desa Langgar Jaya, Kecamatan Seberang Musi. Kini masih dalam proses pembangunan, diperkirakan tahun 2019 semuanya sudah teraliri listrik,” demikian Bupati Dayat.(sly)

Berita Lainnya

Maling Kopi, Petani Dibekuk

KEPAHIANG – Akibat ulahnya yang nekat melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas) pada siang ...

error: Content is protected !!