Jumat , 22 Maret 2019
Home / Daerah / Seluma / Gaji Tidak Dianggarkan

Gaji Tidak Dianggarkan

SELUMA – Tidak dialokasikannya anggaran untuk pembayaran gaji guru honorer, baik dalam APBD maupun APBN tahun 2019 berdampak pada 970 guru honorer di Kabupaten Seluma. Nasib mereka saat ini menggantung, dan berpeluang diberhentikan.

Padahal keberadaan guru honorer tersebut sangat diperlukan SD dan SMP di Kabupaten Seluma yang saat ini rata-rata kekuarangan tenaga pendidik. “Jika guru honorer ini diberhentikan, akan banyak sekolah baik SD maupun SMP yang semakin kekurangan guru. Selama ini keberadaan guru honorer ini sangat diperlukan dalam melaksanakan KBM di sekolah,’’ kata Plt. Kadispendik Seluma, Mirin Ajib, SH, MH.

Menurutnya, dengan tidak ada alokasi anggaran untuk guru honor sebanyak 970 tersebut, jelas sangat berdampak bagi dunia pendidikan Seluma. ‘’Terutama di daerah terpencil, kebanyakan guru yang mengajar adalah honorer. Karena untuk guru PNS kita masih jauh dari cukup,’’ kata Mirin.

Untuk dapat memperkerjakan 970 orang guru honor tersebut jelas membutuhkan anggaran untuk gaji. Karena jika mengandalkan gaji dari sekolah melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) ataupun iuran dari siswa melalui komite sekolah jelas tidak akan mencukupi.

“Kita mengupayakan mereka tetap bisa membantu sekolah yang benar-benar kekurangan guru. Oleh karena itu nanti akan kita evaluasi dulu guru honor ini melalui kepala sekolah. Kita akan rekrut sesuai kemampuan sekolah membayar gaji mereka,’’ demikian Mirin. (aba)

Berita Lainnya

Lima Rumah Ludes Ludes Terbakar di Desa Serambi Gunung

TALO– Kebakaran hebat terjadi di Desa Serambi Gunung, Kecamatan Talo, Kamis (21/3)  siang pukul 12.30 ...