Wednesday , 23 January 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Pecat ASN Tipikor, Pemkab Pastikan Ikuti Aturan

Pecat ASN Tipikor, Pemkab Pastikan Ikuti Aturan

BENTENG – Hasil koordinasi di tingkat Provinsi Bengkulu, termasuk Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) siap melaksanakan pemecatan terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pernah dihukum bersalah oleh pengadilan dalam kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Plt. Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Benteng, Apileslipi, S.Kom, M.Si menjelaskan, aturan tersebut bukan hanya untuk Benteng. “Sudah menjadi aturan nasional,” jelasnya, kemarin (28/12).

Hal tersebut sudah sesuai dengan ketentuan pasal 87 ayat 94 UU Nomor 5 Tahun 2014 Tentang ASN, Jo pasal 251 PP Nomor 11 Tahun 2017  Tentang Manajemen ASN. Isinya mengatur mengenai kedisiplinan para ASN. Salah satunya memuat aturan ASN tidak boleh menjadi terpidana kasus Tipikor. “Jika sudah dinyatakan bersalah oleh putusan pengadilan, maka harus diberhentikan,” katanya.

Saat ini, diakui Apiles, pihaknya baru memproses usulan pemecatan sebanyak empat orang ASN yang sudah terbukti bersalah dalam kasus Tipikor dan dinyatakan salinan putusan yang dikeluarkan langsung oleh pengadilan. “Jika hal ini tidak dilaksanakan, maka pejabat terkait mulai dari bupati, Sekda hingga Kepala BKPSDM akan menerima imbasnya dan juga bisa diberhentikan karena tidak menjalankan aturan tersebut,” bebernya.

Sementara itu, Plt. Sekda Benteng, Edy Hermansyah, P.hD saat dikonfirmasi menjelaskan, bahwa sebelumnya pihaknya belum memproses untuk empat ASN yang diusulkan pemecatannya karena masih menunggu petunjuk akhir. Saat ini, hal tersebut sudah dilakukan setelah adanya deadline waktu untuk melakukan pemecatan paling lambat 31 Desember  ini. “Sebelum akhir tahun, dipastikan sudah keluar surat pemecatannya,” kata Edy.

Sekedar mengingatkan, sebelumnya empat ASN yang sudah diproses pemecatannya masing-masing berinisial Su, Re, Sn, dan As. Keempatnya dinyatakan bersalah dalam kasus Tipikor dan sudah menjalani hukuman berdasarkan putusan pengadilan Arga Makmur. (vla)

Berita Lainnya

Kejar Swasembada, Kembalikan Lahan Sawah

BENTENG – Mengejar target swasembada pangan, kebun sawit yang makin marak di Kecamatan Pondok Kelapa ...