Rabu , 24 April 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Pengalihan Aset Jalan Sesuaikan Fungsinya

Pengalihan Aset Jalan Sesuaikan Fungsinya

FINTAH/RB
ASET: Jalan di Kecamatan Semidang Lagan siap diajukan menjadi aset Pemerintah Provinsi Bengkulu.

BENTENG – Rencana pengalihan aset jalan di Kecamatan Semidang Lagan, mulai dari Simpang Taba Lagan menuju Penanding, Kecamatan Karang Tinggi dalam waktu dekat akan diikuti dengan proposal pengajuan kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu. Disesuaikan untuk menjadi jalur alternatif baru bagi pengguna jalan, khususnya antar daerah. Jalan yang saat ini masih tercatat sebagai aset milik Pemkab Bengkulu Tengah (Benteng) tahun depan akan menjadi aset milik Pemerintah Provinsi Bengkulu.

“Tujuannya agar ada percepatan pembangunan jalan ke depannya,” terang Plt. Sekda Benteng, Edy Hermansyah, P.hD, kemarin (28/12).

Dijelaskannya, untuk saat ini jalan tersebut menjadi sarana umum yang meliputi 11 desa di Kecamatan Semidang Lagan serta 1 desa di Kecamatan Karang Tinggi. Pembangunan selama ini yang diharapkan masyarakat belum terpenuhi dengan baik. “Karena beberapa kendala salah satunya terkait minimnya anggaran,” katanya.

Dengan perubahan status aset jalan yang dijadwalkan, maka ke depannya pembangunan akan lebih giat dan lebih cepat lagi. Anggaran di tingkat Pemerintah Provinsi Bengkulu lebih besar dari anggaran yang ada di kabupaten. Selain itu, perawatan jalan ke depannya dapat menjadi rutin melalui anggaran provinsi tersebut.

Salah satu keuntungan lainnya yang akan diperoleh dengan berubahnya status jalan tersebut adalah sebagai jalur alternatif dari daerah selatan Bengkulu bisa langsung menuju Kecamatan Taba Penanjung. Hal ini akan mengurai kemacetan yang sering terjadi di beberapa titik yang melalui Kota Bengkulu sebelum masuk dalam wilayah Kabupaten Benteng.

“Panjang jalan yang akan disampaikan dalam pengajuan tersebut sepanjang 17 kilometer dengan lebar mencapai 12 meter. Sementara untuk syarat tersebut yang memang harus terpenuhi dalam pengajuan nantinya sudah mencapai ukuran seperti yang ditetapkan untuk menjadi jalan provinsi nantinya,” jelasnya.

Disampaikan Edy, Pemkab benteng nantinya akan melakukan tugas untuk menyosialisasikan kepada masyarakat. Karena, hal ini sangat penting mengingat nantinya jalan akan menjadi jalur lintas kendaraan yang lebih besar dan lebih banyak dari biasanya. “Syarat terpenuhi dan Pemprov Bengkulu siap menerima untuk perubahan status jalan tersebut,” demikian Edy. (vla)

Berita Lainnya

Lembur, Pemkab Periksa Kesehatan PPK

BENTENG – Belum selesainya pelaksanaan penghitungan suara tingkat PPK, menarik perhatian Pemkab Benteng. Plt.Sekda Benteng, ...

error: Content is protected !!