Jumat , 22 Maret 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Seorang Kades Belum Dilantik

Seorang Kades Belum Dilantik

ARIE/RB
PELANTIKAN: Sebanyai 36 kades terpilih hasil Pilkades serentak, kemarin (28/12) dilantik Bupati Kepahiang.

KEPAHIANG – Sebanyak 36 dari 37 orang kepala desa (kades) hasil pilkada serentak 17 Oktober 2018 lalu kemarin (28/12) dilantik Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM. Sementara Kades Daspetah, pelantikannya ditunda hingga Januari 2019. Ini lantaran masa jabatan Kades yang lama desa tersebut berakhir pada Januari 2019.

Sehingga ketika tahun 2019 berjalan, kades terpilih sudah menjabat dan siap menjalankan roda pemerintahan. Bupati berharap kades berjalan sesuai dengan koridor kerja semestinya. Kades dituntut bisa membangun desa dengan memanfaatkan semua potensi. “Kades yang sudah dilantik, mulai hari ini (kemarin, red) sudah bisa menjalankan tugas dan fungsinya memimpin pemerintahan desa. Gunakalanlah amanah ini untuk bisa membangun desa yang dipimpin dengan memanfaatkan potensi desa,” imbau Bupati Dayat.

Bupati minta kades terpilih harus bisa memahami tugas serta fungsi, kewenangan dan pola kepemimpinan pemerintahan desa melalui UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Bupati Dayat juga menginstruksikan kades terpilih berupaya meningkatkan kemampuan dalam berkompetisi. “Jangan mudah merasa puas. Tingkatkan terus kemampuan pribadi. Baik kemampuan di bidang administrasi, keuangan hingga etika sebagai panutan masyarakat di desa,” lanjut Bupati Dayat.

Bupati mengingatkan kades harus sejalan dengan Badan Pemasyarakatan Desa (BPD). Sebagai badan legislatif desa, dia menegaskan dan memastikan kalau BPD tidak bisa memberhentikan kades seperti yang pernah terjadi.

“Tidak ada BPD yang bisa memecat kepala desa, begitu juga sebaliknya. BPD harus sejalan dengan kades dalam menjalankan pemerintahan desa. Keduanya sama-sama berperan penting dalam pemerintahan desa. Keduanya harus tetap menjalin koordinasi dan komunikasi. Saya tidak mau dengar ada BPD yang ingin memecat kades atau sebaliknya,” demikian Bupati.(sly)

Berita Lainnya

Terbukti Melanggar, Puluhan APK Ditertibkan

KEPAHIANG – Puluhan Alat Peraga Kampanye (APK) peserta Pemilu 2019, yakni 9 buah baliho, 15 ...