Saturday , 19 January 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Usai Bertemu Bupati, Honor Kades Naik

Usai Bertemu Bupati, Honor Kades Naik

SHANDY/RB
NAIK GAJI: Setelah seminggu lalu para Kepala Desa (Kades) memberikan permohonan pada Bupati, kemarin (28/12) Kades dikumpulkan dan diberitahu akan naik gaji tahun depan.

ARGA MAKMUR – Setelah seluruh Kepala Desa (Kades) bertemu dengan Bupati Bengkulu Utara (BU), Ir. H. Mian, terhitung Januari 2019, Kades sudah mendapatkan gaji baru. Pemkab BU mengabulkan satu permintaan Kades saat pertemuan tersebut agar honor mereka dinaikkan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) BU, Ir. Budi Sampurno menuturkan, Pemkab BU pada 2019 menaikkan Alokasi Dana Desa (ADD) dari Rp 65 miliar menjadi Rp 69 miliar. Sehingga ini secara otomatis juga menaikkan honor atau penghasilan tetap perangkat desa hingga 20 persen.

“Kita sudah panggil semua perangkat desa untuk rapat. Memberitahu kenaikan ini, sehingga bisa dianggarkan dalam APBDes masing-masing tahun depan,” terangnya, kemarin (28/12).

Dengan kenaikan tersebut, ia memastikan kini seluruh penghasilan tetap Kades di BU di atas Upah Minimum Provinsi (UMP) atau rata-rata di atas Rp 2 juta. Hal ini juga diikuti oleh seluruh perangkat mulai dari Sekdes hingga Kasi dan Kadun di tiap desa.

“Untuk perangkat di bawahnya tetap mengikuti aturan persentase. Seperti Sekdes 70 persen dari penghasilan tetap Kades,” jelas Budi.

Sementara itu, permintaan untuk pergantian Motor Dinas (Tornas) yang diajukan kepala desa belum bisa direalisasikan tahun depan. Rencananya Pemkab BU baru akan mengajukan pengadaan Tornas Kades dalam APBD 2020 atau dalam APBD-P tahun depan.

“Tentunya sesuai kemampuan anggaran. Yang jelas kita penuhi sesuai kebutuhan layanannya yang kita lakukan dalam menaikan penghasilan tetap perangkat desa tahun depan,” pungkas Budi. (qia)

Berita Lainnya

Danrem Dukung Buka Jalan ke Lebong Tandai

ARGA MAKMUR – Danrem 041 Gamas Bengkulu, Kol. Inf. Irnaldo Arnold B Sinaga berkunjung ke ...