Senin , 27 Mei 2019
Home / Breaking News / Jika Ada Kecurangan Seleksi CPNS, Jangan Ragu Lapor Ombudsman

Jika Ada Kecurangan Seleksi CPNS, Jangan Ragu Lapor Ombudsman

BENGKULU – Hasil tes CPNS CPNS tahun 2018 sudah bisa diketahui. Beberapa instansi pemerintah baik itu vertikal maupun daerah sudah mulai mengumumkan hasil tes CPNS. Seiring dengan itu, Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bengkulu membuka diri untuk menerima pengaduan masyarakat yang kurang puas dengan pengumuman tersebut.

Ketua Komisioner Ombudsman Provinsi Bengkulu, Herdi Puryanto, SE mengatakan apabila ada peserta tes CPNS merasa ada ketidakjelasan informasi maupun merasakan ketidak transparanan dalam pelaksanaan tes CPNS, silakan memasukkan laporan ke Ombudsman.

Dijelaskannya, Ombudsman akan memfasilitasi meminta penjelasan. “Kami akan segera tanggapi dan akan fasilitasi untuk mencari informasi yang dibutuhkan peserta tes CPNS. Sehingga nantinya akan mendapatkan informasi yang jelas,” kata Herdi.

Herdi juga menerangkan dalam seleksi penerimaan CPNS Ombudsman masuk dalam tim pengawas, sebagaimana aturan dari KemenPAN-RB. Ada beberapa laporan yang masuk dari warga, mulai dari seleksi administrasi, SKD dan SKB. “Kita sudah ada menerima laporan mulai tingkat administrasi dan ketidaklengkapan administrasi,” bebernya.

Saat proses perangkingan, Ombudsman juga mendapatkan laporan terkait pengumuman di Pemkab Bengkulu Tengah (Benteng). Setelah dicek hasil perangkingan yang diumumkan Pemkab Benteng dengan yang dikeluarkan KemenPAN-RB sama, tapi format berbeda. “Dengan format berbeda ini orang mengartikan berbeda, sehingga kita perintahkan umumkan sesuai versi kemenPAN-RB,” terangnya.

Sementara itu Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Pegawai, Dei Natali Handy mengatakan 284 peserta yang lulus tes CPNS ini harus segera melakukan pemberkasan ulang dengan melengkapi dan membawa dokumen yang dibutuhkan.

Seperti surat lamaran yang ditujukan kepada Gubernur Bengkulu ditulis dengan tangan sendiri menggunakan tinta hitam dan memakai huruf kapital serta ditandatangani, fotokopi ijazah SD, SMP, SMA, DIII serta ijazah terakhir dan transkrip nilai saat mendaftar yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang. “Serta beberapa syarat lainnya yang sudah kami umum,” tutupnya.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu Ir. Diah Irianti mengatakan untuk prajabatan para CPNS baru akan dilakukan tahun 2019. Anggarannya sudah ada di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Bengkulu.(del)

 

Berita Lainnya

Grup Astra Bengkulu Gelar Pasar Murah Astra 2019

BENGKULU– Grup Astra Bengkulu yang terdiri dari tujuh anak perusahaan Astra di wilayah Bengkulu (Astra ...

error: Content is protected !!