Sabtu , 17 Agustus 2019
Home / Metropolis / Pecat PNS Korupsi

Pecat PNS Korupsi

BENGKULU – Meskipun para PNS mantan narapidana korupsi masih berupaya mendapatkan keadilan hukum melalui judicial review (JR) ke Mahkamah Konstitusi agar tidak dipecat, namun Gubernur Bengkulu Dr. drh.H. Rohidin Mersyah, M.MA tetap akan melaksanakan kesepakatan 3 menteri yakni Mendagri, Menpan-RB dan Kepala BKN.

Dijelaskan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu H.Nopian Andusti, SE, MT, kesepakatan 3 menteri itu tetap akan dilakukan dan tidak akan ditunda. Karena kesepakatan 3 menteri itu sudah merupakan peraturan perundang-undangan yang harus dipatuhi. “Intinya peraturan perundang-undangan harus ditegakkan,” tegas Nopian.

Artinya, tanggal 31 Desember nanti seluruh PNS yang sudah menyandang status narapidana atau mantan narapidana harus siap-siap mencari pekerjaan lain karena harus mencopot status PNS nya. Informasi yang RB terima, SK pemecatan para PNS sudah di meja gubernur.

Namun Nopian belum mau menyebutkan jumlah pasti PNS yang akan dipecat itu sesuai SK yang sudah ada di meja gubernur. “Saya tidak tahu jumlahnya dan tidak tahu orang-orangnya. Pokoknya amanat dari 3 menteri itu harus kita laksanakan. Saya tdk mengatakan dipecat, tapi peranturan perundang-undangan harus ditegakkan. Sesuai dengan mekanisme, persyaratan dan dokumen pendukung. Ketika persyaratan telah terpenuhi maka aturan perundang-undangan itu segera dilaksanakan,” kata Nopian.

Lalu bagaimana dengan nasib PNS yang dipecat itu nanti? Nopian tidak mau berkomentar. “Saya tidak mau membahas soal itu, pokoknya amanat dari pemerintah laksanakan peraturan perundang-udnangan yang berlaku, patuhi. Mereka ketika mengajukan JR ke MK silakan tapi peraturan yang berlaku sekarang kita laksanakan dulu,” ujar Nopian.

Lebih jauh Nopian enggan berkomentar. Sementara itu, sidang di MK dilanjutkan tanggal 8 Januari 2019 mendatang dengan menghadirkan pemerintah dan DPR RI sebagai saksi. Ini menujukkan sebagai tindaklanjut proses sidang JR terhadap Undang-Undang ASN ini terus berjalan.(tew)

Berita Lainnya

Kenang Perjuangan Fatmawati, Gubernur Rohidin Kibarkan Sang Saka Merah Putih di Lokasi Cagar Budaya

BENGKULU-Kemeriahan  HUT RI Ke-47 tahun 2019 di Provinsi Bengkulu, semakin khidmat dengan dilaksanakannya pengibaran Sang ...

error: Content is protected !!