Minggu , 16 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / 1.710 Warga Belum Masuk DPT

1.710 Warga Belum Masuk DPT

ARGA MAKMUR – Diperkirakan sedikitnya pemilih di Bengkulu Utara (BU) akan bertambah 1.710 atau menjadi minimal 211.854 pemilih. Meskipun dalam pleno DPT Hasil perbaikan II sebulan lalu sudah ditetapkan DPT BU sebanyak 210.114 pemilih.

Pasalnya, kemarin (30/12) KPU BU menggelar rapat persiapan pendataan pemilih khusus atau Daftar Pemilih Khusus (DPK). Saat ini ada 1.710 masyarakat yang sudah mendapatkan dan perekaman e-KTP dan merupakan wajib KTP baru sepanjang 1 Desember hingga Jumat (28/12) lalu.

Mereka dipastikan belum masuk dalam DPT HP II yang sudah diplenokan KPU. Belum lagi masyarakat yang saat pendataan DPTHP II lalu masih di bawah umur, namun terhitung Desember ini sudah menikah sehingga sudah memenuhi syarat untuk menyalurkan hak pilihnya.

Divisi Data KPU BU, Bejo, S.Pt menuturkan, selain data dari KPU seluruh PPK dan PPS juga wajib mendata kembali di desa atau kelurahannya masing-masing. Sehingga selain mereka yang baru mengantongi e-KTP, ada juga kemungkinan mereka yang baru pindah dari wilayah lain dan mengantongi KTP.

“Sehingga meskipun ada dari Dukcapil, tetap harus dilakukan verifikasi faktual di desa masing-masing,” terangnya.

Waktu pendataan DPK sendiri cukup panjang mulai 6 Januari hingga 5 Maret atau dua minggu menjelang Pemilu. Diharapkan hal ini bisa menjamin hak seluruh masyarakat.

“Harapan kita semua masyarakat bisa masuk dalam daftar pemilih. Sehingga memang masih banyak cela untuk masuk sebagai pemilih hingga menjelang pemilihan nantinya,” pungkas Bejo. (qia)

Berita Lainnya

PDIP, Golkar dan Gerindra Duduki Pimpinan Dewan

ARGA MAKMUR – Persidangan  sengketa Pemilu tingkat Pilpres sudah mulai digelar di Mahkamah Konstitusi (MK). ...

error: Content is protected !!