Saturday , 19 January 2019
Home / Daerah / Kepahiang / 18 ASN Koruptor Resmi Dipecat

18 ASN Koruptor Resmi Dipecat

KEPAHIANG – Dari 28 ASN di lingkungan Pemkab Kepahiang yang terjerat kasus tindak pidana korupsi (tipikor), sebanyak 18 orang diantarannya terhitung Januari 2019 besok resmi dicabut statusnya sebagai ASN. Hal ini setelah keputusan pemberhentian hubungan kerja dengan ASN yang terlibat kasus tipikor, resmi diputuskan oleh Pemprov Bengkulu.

Sekretaris Daerah Kepahiang Zamzami Zubir, SE, MM mengungkapkan, keputusan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri, yakni MenPAN-RB, Mendagri, dan Kepala BKN beberapa waktu lalu, yang menginstruksi pemberhentikan ASN Tipikor harus dilaksanakan mulai 31 Desember 2018.

“Ya sesuai dengan instruksi pemerintah pusat, mulai besok (hari ini, red) proses pemberhentiannya sudah harus kita tandatangani. Saat ini SK Pemberhentian 18 ASN tersebut sudah berada di meja pak Bupati dan tinggal ditandatangani,” jelasnya.

Kenapa hanya 18 orang yang dipecat dari 28 ASN Koruptor? Zamzami mengatakan karena dari 28 orang tersebut 5 orang diantaranya sudah pindah tugas ke luar Kabupaten Kepahiang, 4 orang belum menerima salinan putusan inkrah atas perkaranya, dan 1 orang meninggal dunia.

“Jadi hanya 18 yang masih menjadi ASN Kepahiang dan ada salinan putusan inkrah, sehingga secara aturan harus kita berhentikan,” beber Zamzami.

Dengan dikeluarkannya SK Pemecatan nantinya, 18 orang ASN Koruptor tersebut tidak akan lagi menerima hak-haknya sebagai abdi negara, dan Pemkab Kepahiang akan segera menghentikan seluruh pembayaran gaji dan tunjungan yang selama ini didapatkan sebagai ASN.

“Sudah tidak ada lagi haknya mulai 2019 mendatang. Mereka akan kembali menjalani kehidupan sebagai warga biasa, bukan lagi ASN,” demikian Zamzami. (sly)

Berita Lainnya

Antisipasi Penyakit TBC Terhadap Anak

KEPAHIANG – Tahun 2019 ini Dinas Kesehatan Kepahiang memiliki target 2.000 bayi diberikan vaksin DPTHB ...