Sabtu , 16 Februari 2019
Home / Daerah / Lebong / 2019, Minta BPD Perketat Pengawasan

2019, Minta BPD Perketat Pengawasan

ARIS/RB
SELESAI : Salah satu pekerjaan irigasi realisasi DD tahun 2018 di Kecamatan Uram Jaya.

PELABAI – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lebong, Mahdi, S.Sos mengingatkan seluruh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di 93 desa se Kabupaten Lebong memaksimalkan pengawasan pembangunan desa di tahun 2019. Layaknya fungsi DPRD di pemerintahan daerah, BPD juga harus proaktif menjalankan tugasnya dalam proses penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).
Termasuk ikut merancang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Intinya jangan sampai pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa tidak termonitor oleh BPD. ‘’Artinya jalinan kerjasama BPD dengan kepala desa selaku unsur pemerintah desa tetap harus berjalan harmonis,’’ kata Mahdi.
Sebagaimana amanah Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, proses penyusunan APBDes sama seperti dengan proses penyusunan APBD. Kepala desa berperan melaksanakan pembangunan. Sementara BPD mempunyai peran sebagai pengawas pembangunan. ‘’Ketika kedua peran itu berjalan, mudah-mudahan pembangunan yang sebenarnya bisa terwujud,’’ ujar Mahdi.
Dengan adanya sinkronisasi antara kepala desa dan BPD, diharap pembangunan yang dilaksanakan benar-benar menyejahterakan masyarakat. Ia juga menyarankan agar dibentuk forum BPD se Kabupaten Lebong. Mengingat forum kepala desa sudah terbentuk di Lebong. ‘’Forum itu dapat dimanfaatkan untuk kegiatan diskusi, belajar serta tukar pikiran tentang penyelenggaraan pemerintah desa,’’ tutup Mahdi. (sca)

Berita Lainnya

Gebuk Karyawan, Rekan BTL Dibui

PELABAI –  Ringan tangan berujung penjara. Adalah Su (40) warga Desa Kampung Muara Aman, Kecamatan ...

error: Content is protected !!