Kamis , 12 Desember 2019
Home / Metropolis / 205 Titik Lokasi Rawan Tsunami

205 Titik Lokasi Rawan Tsunami

BENGKULU – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah merilis daerah di Indonesia yang rawan terjadi bencana tsunami baik kategori sedang dan tinggi. Dari data tersebut diketahui di Provinsi Bengkulu setidaknya terdapat 205 titik yang masuk dalam dua kategori tersebut.

Daerah rawan tsunami berada di kota dan kabupaten di dalam Provinsi Bengkulu. Rinciannya, untuk di Kota Bengkulu berada di Kecamatan Kampung Melayu seperti di kawasan Teluk Sepang, Sumber Jaya dan Kandang serta Muara Dua. Kemudian di Kecamatan Muara Bangkahulu kawasan rawan tsunami ada di Kelurahan Beringin Raya dan Rawa Makmur Permai. Untuk Kecamatan Ratu Agung berada di kawasan Kelurahan Tanah Patah, Nusa Indah, dan Lempuing. Untuk Kecamatan Ratu Samban berada di Penurunan dan Anggut Atas. Dan, Kecamatan Sungai Serut berada di Kelurahan Pasar Bengkulu.

Selanjutnya, untuk Kecamatan Teluk Segara berada di Kelurahan Kebun Keling, Malabero, Sumur Melele, Pasar Berkas, Pasar Baru, Pondok Besi, Tengah Padang, Bajak, dan Kampung Bali. Untuk kawasan-kawasan yang disebutkan diatas termasuk kategori rawan tsunami tinggi.

Selain itu, beberapa daerah seperti di Kabupaten Bengkulu Selatan yang rawan akan tsunami terdapat di Kecamatan Bunga Mas, Kedurang Ilir, Kota Manna, Manna, Pasar Manna, dan Pino Raya. Sementara itu untuk di Kabupaten Bengkulu Tengah berada di Kecamatan Pondok Kelapa.

Untuk di Kabupaten Bengkulu Utara terdapat di Kecamatan Air Besi, Air Napal, Batik Nau, Enggano, Ketahun, Lais, dan Putri Hijau. Sementara untuk di Kabupaten Kaur berada di Kecamatan Kaur Selatan, Kaur Tengah, Maje, Nasal, Semidang Gumay, Tanjung Kemuning, dan Kecamatan Tetap.

Sedangkan untuk di Kabupaten Mukomuko berada di Kecamatan Air Dikit, Air Rami, Hutan, Ipuh, Kota Mukomuko, Pondok Suguh, Teramang Jaya, dan XIV Koto.

Di Kabupaten Seluma berada di Kecamatan Air Periukan, Ilir Talo, Seluma Barat, Seluma Selatan, Semidang Alas Maras, Sukaraja, dan Talo Kecil. Dikonfirmasi mengenai data yang dirilis BNPB yang sudah menyebar di media sosial (medsos) itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Sumarno membenarkannya.

“Ya benar, kami imbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap daerah-daerah yang rawan bencana tsunami tersebut,” kata Sumarno. Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak terlalu cepat dengan info-info yang belum jelas kebenarannya alias info hoax. Apalagi belum lama ini, diketahui ada info hoax yang beredar di masyarakat tentang akan adanya tsunami. Info hoax tersebut saat ini tengah dilidik Polda Bengkulu.(zie)

Berita Lainnya

DLH Warning Delapan SPBU

BENGKULU – Delapan SPBU yang ada di Kota Bengkulu mendapat warning (peringatan) dari Dinas Lingkungan ...

error: Content is protected !!