Rabu , 26 Juni 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Bupati Tinjau Daerah Rawan Bencana

Bupati Tinjau Daerah Rawan Bencana

ARIE/RB
TINJAU: Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM sedang meninjau titik rawan bencana di Desa Tanjung Alam Kecamatan Ujan Mas, kemarin (30/12).

KEPAHIANG – Kabupaten Kepahiang merupakan wilayah dataran tinggi yang rentan terhadap bencana banjir dan longsor. Hal ini terlihat pada beberapa pekan lalu dimana beberapa desa di Bumei Sehasen ini terkena bencana banjir dan tanah longsor akibat hujan deras dan angin kencang.

Untuk itu kemarin (30/12) siang, Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM melakukan peninjauan ke beberapa desa yang masuk dalam titik rawan bencana longsor dan banjir. Seperti Desa Tanjung Agung Kecamatan Ujan Mas, yang belakangan rawan bencana banjir akibat pembendungan sungai Musi yang dilakukan oleh PLTA Ujan Mas dalam satu dekade terakhir.

“Kunjungan kita ke beberapa titik rawan bencana ini, untuk mencaritahu persoalan sebenarnya yang terjadi, langsung dari warga yang terkena dampak. Selama ini kita mendapatkan informasi dari media, dan kita coba untuk langsung melakukan crosscheck,” jelas Bupati.

Dari hasil kunjungan ini nantinya, sambung Bupati, akan menjadi sebuah referensi bagi Pemkab Kepahiang untuk bisa merumuskan seperti apa solusi yang harus diambil pemerintah, agar bencana tersebut tidak terjadi berkepanjangan.

“Hasil dari kunjungan ini nantinya, akan kita susun formula dan solusinya bersama instansi terkait. Hal ini agar kedepannya masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana, tidak lagi merasakan bencana serupa,” terangnya. Selain itu Bupati juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada, khususnya masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai apabila hujan, dan sewaktu-waktu air naik dapat membuat abrasi di daerah aliran sungai.

“Kesiapsiagaan akan bencana ini perlu kerjasama antara pemerintah, instansi terkait dan masyarakat. Masyarakat pun kita imbau untuk tetap waspada dan harus bisa memetakan kondisi wilayahnya yang rawan bencana, agar bisa menyusun langkah antisipasi penanggulangan bencana,” demikian Bupati. (sly)

Berita Lainnya

Belasan Dewan Tak Hadir Paripurna

KEPAHIANG – Ada fakta menarik dari rapat paripurna yang digelar DPRD Kabupaten Kepahiang, Senin (24/6). ...

error: Content is protected !!