Saturday , 19 January 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Honor Perangkat Desa Naik

Honor Perangkat Desa Naik

ARGA MAKMUR – Terhitung 1 Januari, gaji perangkat desa mulai dari Kades, Sekdes hingga Kadun akan naik. Belum penambahan fasilitas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Ketenagakerjaan perangkat desa dan keluarga yang ditanggung oleh Dana Desa (DD).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bengkulu Utara, Ir. Budi Sampurno berharap, dengan meningkatnya Penghasilan Tetap (Siltap) dan fasilitas bagi perangkat desa dan keluarga ini, bisa kembali mengurangi angka pelanggaran pelaksanaan DD. Meskipun tahun ini jumlah pelanggaran sudah berkurang dibandingkan 2017.

“Beberapa desa memang masih ada yang bermasalah terkait pelaksanaan DD. Bahkan ada yang terjerat kasus hukum, harapan kita ini tidak terjadi lagi,” katanya, kemarin (30/12).

Inspektur Inspektorat BU, Dullah, SE juga menerangkan, jika sebagian besar temuan dari audit DD yang dilakukan adanya penyalahgunaan anggaran. Mulai anggaran yang tidak dikerjakan, tidak sesuai volume pekerjaan atau tidak dibayarkannya belanja sesuai dengan aturan.

“Ini yang banyak kami temukan dan menjadi kerugian negara yang wajib dikembalikan sepanjang 2018,” terang Dullah.

Bedanya, audit yang dilakukan Inspektorat masih memberikan waktu selama 60 hari bagi kepala desa atau perangkat desa yang bertanggung jawab untuk melakukan pengembalian. Meskipun jika tidak dilakukan tetap akan dilaporkan ke penegak hukum.

“Kita ingin uang negara itu terselamatkan dan menjadi uang yang digunakan untuk pembangunan,” pungkas Dullah. (qia)

Berita Lainnya

Danrem Dukung Buka Jalan ke Lebong Tandai

ARGA MAKMUR – Danrem 041 Gamas Bengkulu, Kol. Inf. Irnaldo Arnold B Sinaga berkunjung ke ...