Senin , 25 Maret 2019
Home / Metropolis / Rp 2,3 Miliar untuk Pasang CCTv Baru

Rp 2,3 Miliar untuk Pasang CCTv Baru

WAHYU/RB
MONITORING: Pemkot memiliki program ruang monitoring center CCTV yang telah berfungsi berpusat di eks aula Kantor Dinas Pariwisata Kota Bengkulu.

BENGKULU – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu akan memasang kamera Clossed Circuit Television (CCTv) di kawasan eks lokalisasi Pulau Baai Kelurahan Sumber Jaya tampaknya bukan isapan jempol belaka. Disampaikan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Bengkulu, Medy Pebriansyah, SSTP, MSi, tahun 2019 nanti, pengembangan Monitoring Center menjadi Comand Center sudah dianggarkan sekitar Rp 2,3 miliar.

Namun dana tersebut juga akan ada penambahan pemasangan CCTV lanjutan. “Dari anggaran itu untuk pemasangan CCTv baru sekitar 60 sampai 80 titik nantinya. Termasuk ada command center dan aplikasi yang akan dipasang. Ini bertujuan pengawasan terpadu menggunakan CCTV ini menjadi salah satu upaya menekan tindak kriminal, sehingga mampu menciptakan stabilitas keamanan Kota Bengkulu,” terang Medy.

Untuk sementara ini, menurut Medy, sejumlah titik wilayah Kota Bengkulu saat ini telah terpantau dengan kamera  Clossed Circuit Television (CCTv), bahkan untuk tempat pusat monitoring center CCTV pun telah berfungsi yang berpusat di eks aula Kantor Dinas Pariwisata Kota Bengkulu. “Jadi untuk tahun depan itu kita kembangkan menjadi Command Center, yang mana bisa berfungsi mengarahkan seperti yang ada di kota-kota besar,” tuturnya.

Terkait titik lokasi baru pemasangan itu, diungkapkan Medy, tidak menutupkemungkinan akan dipasang di wilayah eks.lokalisasi Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu. Sebab mengingat kawasan tersebut saat ini memang menjadi sentra kampung religi. “Kalau untuk pemasangannya nanti akan kita petakan titik mana saja yang akan dipasang. Bias jadi nanti di wilayah eks.lokalisasi itu kita pasang juga. Yang jelas ini sudah menjadi program prioritas pemerintah kota,” ungkapnya.

Sementara Anggota Komisi II DPRD Kota Heri Ifzan, SE menilai, apabila ingin memasang kamera CCTV ditiap titik jalanan maka harus disampaikan konsepnya secara jelas ke DPRD Kota.

“Kalau kita prinsipnya setuju saja pemasangan CCTV itu demi keamanan kota. Namun jika ingin memasang CCTV tiap sudut kota, maka sampaikan dulu konsep perencanaan seperti apa dengan jelas. Sebab pembelian CCTV inipun pakai uang negara. Sebab belum ada pembahasan pemkot bersama dewan terkait titik pemasangannya,” kata Heri

Senada disampaikan Anggota Banggar DPRD kota Hamsi, Amd mengatakan, sejauh ini pihaknya belum mengetahui persis konsep rencana pemasangan CCTV tersebut. Padahal seharusnya terkait rencana pemasangan itu harus dibahas secara matang titik wilayah mana saja yang akan dipasang.  “Karena kita ingin mengetahui secara jelas konsepnya kegunaan CCTV itu seperti apa. Sebab jangan sampai pemasangan itu nanti malah mubazir, duit negara sudah banyak habis. Makanya kita berharap harus ada pembahasan dan kajian yang matang,” bebernya.(new)

Berita Lainnya

Disindir Lewat Foto, Gubernur Janjikan Pembangunan Jalan Dilakukan Tahun Ini

BENGKULU– Beredarnya foto dua orang warga yang tengah berpose menggunakan alat menyelam di jalan yang ...