Kamis , 21 Februari 2019
Home / Daerah / Curup Pos / 10 ASN Korupsi Akhirnya Dipecat

10 ASN Korupsi Akhirnya Dipecat

CURUP – Pemda Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong (RL) melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manuasia (BKPSDM) Kabupaten RL memastikan pemecatan terhadap 10 Aparatus Sipil Negera (ASN) korupsi. Ini setelah keluarnya SK Pemberhentian yang ditandatangani Bupati RL Dr. H. Ahmad Hijazi, SH, M.Si.

‘’Benar, total ada 10 ASN yang masuk dalam SK Pemberhentian yang diajukan Pejabat Berwenang kepada Pejabat Pembina Kepegawaian dan sudah terbit beberapa hari lalu. Seluruh ASN tersebut sudah lengkap dan kita terima salinan putusan berkekuatan hukum tetap atau sudah incrah,’’ terang Kepala BKPSDM Kabupaten RL Khirdes Lapendo Pasju, S.STP, M.Si kepada RB kemarin.

Dilanjutkan Khirdes, sejauh ini masih ada satu ASN lagi yang diketahui sudah ada kekuatan hukum tetap, namun berkasnya belum lengkap alias belum di terima BKPSM dari Pengadilan Negeri (PN) Palembang. ‘’Ada satu ASN yang sudah memiliki putusan incrah tapi salinan belum kita terima secara resmi, jadi belum masuk dalam SK pemberhentian. Yang kita proses adalah yang sudah lengkap atau salinan putusannya kita terima,’’ lanjut Khirdes.

Untuk yang saat ini masih dalam proses pengadilan atau belum memiliki kekuatan hukum tetap, sambung khirdes, mereka belum bisa berkomentar banyak. Meskipun memang masih ada beberapa ASN yang diketahui sedang menjalani proses hukum di Pengadilan Tipikor Bengkulu.

Ditambahkan Khirdes, dasar hukum dikeluarkannya SK pemberhentian ASN yang terlibat korupsi tersebut diantaranya Undanga-undang ASN Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan PP Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Lalu Perka BKN Nomor 21 tahun 2010 tentang jullak PP 53 tahun 2010 dan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri tahun 2018.

”Termasuk hasil rapat kerja nasional Kementerian PAN dan RB 19 Desember 2018 tentang evaluasi dan monitoring pelaksanaan tindak lanjut SKB Tiga Menteri. Dalam rapat tersebut, memang mengharuskan sebelum 1 Januari 2019 SK Pemberhentian ASN yang terlibat korupsi dan sudah memiliki kekuatan hukum tetap harus sudah terbit,’’ demikian Khirdes.(dtk)

Berita Lainnya

Alih Profesi, Bandar Ganja Dibekuk di Bengkulu

CURUP – Satuan Reserse Narkoba Polres Rejang Lebong (RL) kembali berhasil mengungkap kepemilikan narkoba jenis ...

error: Content is protected !!