Senin , 16 September 2019
Home / Daerah / Kepahiang / 18 PNS Korupsi Diberhentikan

18 PNS Korupsi Diberhentikan

KEPAHIANG – Terhitung hari ini, sebanyak 18 orang PNS di jajaran Pemkab Kepahiang yang terlibat perkara tindak pidana korupsi (tipikor) yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkrah), resmi diberhentikan. Hal ini menyusul setelah Bupati Kepahiang menandatangani Surat Keputusan (SK) Pemberhentian PNS koruptor yang merupakan tindaklanjut dari Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri, yakni MenPAN-RB, Mendagri, dan Kepala BKN waktu lalu.

Sekda Kepahiang, Zamzami Zubir, SE, MM membenarkan terhitung 2 Januari 2019, 18 PNS tersebut resmi dicabut hak-haknya sebagai abdi negara. Diakui Zamzami, dalam pemberhentian PNS korupsi ini tidak dilakukan dengan seremonial, karena SK pemberhentian langsung diantar ke rumah masing-masing PNS bersangkutan.

“Tidak pakai acara seremonial, karena kita menjaga nama mereka juga. SKnya kita antar langsung ke rumahnya, dan mulai besok (hari ini, red) mereka tidak lagi sebagai PNS di lingkungan Pemkab Kepahiang,” jelas Zamzami.

Diketahui sebelumnya, berdasarkan data dari Pemkab Kepahiang ada 28 orang PNS terlibat kasus korupsi di lingkungan Pemkab Kepahiang. Dari 28 orang tersebut sebanyak 5 orang diantaranya sudah pindah tugas ke luar Kabupaten Kepahiang, 4 orang belum menerima salinan putusan inkrah atas perkaranya, dan 1 orang meninggal dunia.

“Jadi hanya 18 yang masih menjadi PNS Kepahiang dan ada salinan putusan inkrah, sehingga secara aturan harus kita berhentikan. Sementara untuk 4 orang yang belum ada salinan putusan inkrahnya saat ini kita masih lakukan koordinasi ke PN Curup terkait putusan hukum tetapnya. Kalau nanti sudah keluar, maka 4 orang tersebut akan menyusul diberhentikan,” beber Zamzami.(sly)

Berita Lainnya

Soal RS Jalur Dua, Dewan Bersuara

KEPAHIANG – Pemkab Rejang Lebong (RL) kembali membangun RS Jalur Dua di Desa Durian Depun ...

error: Content is protected !!