Rabu , 22 Mei 2019
Home / Metropolis / Honor Ketua RT/RW Akhirnya Dibayar

Honor Ketua RT/RW Akhirnya Dibayar

BENGKULU – Pasca diberitakan harian Rakyat Bengkulu (RB), honor ketua RT dan RW di Kecamatan Singaran Pati  untuk triwulan terakhir, akhirnya Senin (31/12) jelang tutup tahun anggaran 2018 dibayarkan lunas oleh pihak Kecamatan.

“Tidak ada unsur kesengajaan kami untuk memperlambat pembayaran (honor ketua RT dan RW) itu. Sebab waktu itu ada pemberkasan yang harus dilengkapi keseluruhan, karena pembayaran kita sistem LS. Jadi tadi (Senin) sudah kita bayar semuanya,” kata Camat Singaran Pati Syaiful Anwar.

Ditambahkan Syaiful, ada sekitar 150 lebih Ketua RT dan RW di Kecamatan Singaran Pati yang harus dibayarkan honornya. Sehingga pemberkasan kelengkapan administrasi harus lengkap secara menyeluruh. “Beberapa Ketua RT yang terlambat berkasnya waktu itu mereka sedang berada di luar kota ataupun ada acara lain kita harap maklum. Sehingga pemberkasan ini kita menunggu dari mereka untuk disampaikan. Jadi bukan dari pihak kecamatan yang sengaja memperlambat pembayaran,” jelasnya.

Syaiful juga menyinggung soal kinerja Ketua RT dan RW jangan hanya memikirkan soal pembayaran hak uang honor semata. Namun juga harus memikirkan soal kewajiban kinerja sebagai ujung tombak pemerintah daerah.

“Coba lihat apa kerja Ketua RT itu? Jangan hanya memikirkan soal hak saja. Tapi mereka itu seharusnya membuat laporan setiap bulannya mengenai wilayah mereka. Apalagi mereka itu ujung tombak pemerintah, jadi harus maksimal dalam membantu pemerintah,” pungkasnya.

Dilansir RB sebelumnya, persoalan keterlambatan pembayaran honor ketua RT/RW Kota Bengkulu kembali terjadi. Kali ini terjadi bagi Ketua RT/RW di Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu, hingga di penghujung tahun 2018, honor sebesar Rp 500 ribu perbulan belum dibayarkan triwulan ketiga selama tiga bulan, bila diakumulasi masing-masing Ketua RT/RW mendapatkan honor tiga bulan itu sebesar Rp 1,5 juta.

Ketua Forum Komunikasi Ketua RT/ RW se Kota Bengkulu, Drs Dharma Setiawan Kadar, SH mengakui, pihaknya telah mendapat laporan terkait keluhan bagi Ketua RT/RW di Kecamatan Singaran Pati yang belum mendapatkan honor triwulan terakhir tersebut. Ia berharap pihak kecamatan segera menuntaskannya, mengingat tutup tahun tinggal sehari lagi.(new)

Berita Lainnya

Kakanwil Pertahanan Ingatkan Tingkatkan Nasionalisme untuk Keutuhan NKRI

BENGKULU – Selasa (21/5) siang, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan RI, Kolonel Inf. Sarjono didampingi ...

error: Content is protected !!