Wednesday , 23 January 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Pengadaan Map Rapor Gagal

Pengadaan Map Rapor Gagal

MUKOMUKO – Pengadaan belanja cetak map rapor gagal. Ini lantaran bukti fisik tidak kunjung tiba di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mukomuko hingga kemarin (1/1). Padahal, map rapor yang berjumlah ribuan itu, untuk PAUD, SD dan SMP menggunakan anggaran 2018.

Hingga berakhirnya kontrak, penyedia CV. Aiko Yutaka di luar Provinsi Bengkulu tidak kunjung dapat membuktikan fisik pengadaan tersebut sesuai batas waktu dalam kontrak. “Ini bukan kesalahan Disdikbud. Tapi dari penyedia yang tidak bisa menjalankan sesuai kontrak,” tegas Kabid PAUD sekaligus PPK kegiatan, Darsono, S.Pd.

Menurut Darsono penyedia dipastikan tidak akan dibayar satu rupiahpun. Meski penyedia sudah minta diurus administrasinya dan selanjutnya barang yang diminta diyakini ada. “Karena fisik barangnya belum sampai di Mukomuko dan sudah lewat waktu kontrak 29 Desember 2018, kami lakukan pemutusan kontrak,” lanjut Darsono.

Dia akan melapor melalui surat secara resmi ke Inspektorat dan pihak terkait lain. Dia juga menyampaikan, pengadaan map rapor direncanakan untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) sebanyak 3.055 buah, SLTP 2.030 dan PAUD 1.000 buah. “Karena pengadaan gagal. Sekolah terpaksa menggunakan sampul map rapor lama,” imbuhnya.

Pengadaan menggunakan pagu awal anggaran Rp 280 juta, melalui proses lelang terbuka. Dari sejumlah penawar, dimenangkan CV. Aiko Yutaka dengan  penawaran terendah Rp 188 juta. Sejumlah pihak waktu itu berasumsi, penawaran dari CV tidak masuk akal. Dinilai terlalu rendah, namun tetap dimenangkan.

“Proses terkait pemenang, itu kewenangan ULP. Dengan adanya penawaran rendah, saya menilai daerah diuntungkan. Yang jelas gagalnya  pengadaan itu tidak ada uang negara yang dibayar ke penyedia,” tukas Darsono.(hue)

Berita Lainnya

Disparpora Bakal Beli 4 Unit Kano

MUKOMUKO – Untuk menambah daya tarik wisatawan datang ke lokasi obyek wisata Danau Nibung Desa ...