Rabu , 27 Maret 2019
Home / Metropolis / PKL Liar Didominasi Pedagang Luar Kota

PKL Liar Didominasi Pedagang Luar Kota

WAHYU/RB
TERTIBKAN: Satpol PP Kota Bengkulu kembali menertibkan sejumlah pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan sembarangan di badan jalan dan trotoar.

BENGKULU – Kawasan Pasar Panorama kembali dipenuhi oleh ratusan pedagang kali lima (PKL) liar musiman dari luar kota. Alhasil, Jalan Kedondong dan Belimbing, Senin (31/12) kembali macet total.

Dari pantauan RB, ramainya pedagang liar yang jualan sembarangan itu membuat tim Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bengkulu menerjunkan sejumlah personil lebih banyak dalam menertibkan para pedagang bandel di Panorama. Rombongan petugas Satpol langsung dikomandoi Kepala Bidang (Kabid) Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Kota Bengkulu, Martina.

Menariknya dalam penertiban itu petugas tidak membawa paksa barang dagangan pedagang, hanya saja pedagang diminta untuk mundur dan mengangkut barang dagangannya sendiri. “Para pedagang yang jualan ini merupakan pedagang musiman pendatang dari luar yang jualan jelang tahun baru. Makanya kita menertibkan karena sudah mengganggu badan jalan,” ujar Kabid Ketentraman dan Ketertiban Satpol PP kota Martina.

Dijelaskan Martina, sementara untuk mengantisipasi pedagang kembali menggelar lapak di badan jalan, Satpol PP mengawasi ketat dilapangan dengan menempatkan personil di beberapa titik. “Memang kita akui jumlah personil kita kurang. Sementara beberapa lokasi lainnya juga menjadi pengawasan kami. Apalagi yang namanya pedagang seperti itu, meskipun sering diperingatkan mereka terkadang kembali mengulang jualan,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi III DPRD kota, Rena Anggraini mengatakan, pengawasan sejumlah pedagang di Pasar Panorama jangan lemah. Sebab kembali mengulangnya pedagang jualan sembarangan karena pengawasan lemah dilapangan.

“Kalau pengawasan tidak lemah. Mana berani pedagang jualan sembarangan seperti itu lagi. Ini yang kita lihat memang pengawasannya masih lemah dilapangan. Seharusnya petugas baik Satpol PP dan Dinas Pasar untuk selalu stanby menjaga jangan sampai pedagang liar jualan dijalanan lagi. Demi penataan pasar lebih baik,” papar Rena.(new)

Berita Lainnya

Tangkal Bibit Radikalisme dan Anti Pancasila Sejak Dini

BENGKULU–  Menangkap faham radikalisme dan anti pancasila harus dilakukan sejak dini. Hal tersebut dapat dilakukan melalui lembaga ...

error: Content is protected !!