Jumat , 19 April 2019
Home / Metropolis / Ringroad Segera Dibangun

Ringroad Segera Dibangun

HASRUL/RB
RINGROAD: Jalan Ringroad Simpang Empat Nakau- Air Sebakul ini akan dibangun tahun ini.

BENGKULU – Satuan Kerja (Satker) Balai Jalan Kementerian PUPR Wilayah 1 memastikan jika rencana pembangunan jalan ringroad Simpang Nakau- Air Sebakul dipastikan jadi dilaksanakan pada tahun 2019 ini. Hal ini disampaikan Kasatker Balai Jalan Kementerian PUPR Bengkulu, Abdul Halim kepada RB kemarin.

Disampaikannya, rencana pembangunan  ruas Nakau-Air Sebakul dari total 5,8 kilometer (km) tersebut, ada penanganan rekonstruksi jalan sepanjang 3,8 km, dan pembangunan jembatan elevated sepanjang 500 meter diatas Taman Wisata Alam (TWA) tersebut. “Ya rencananya memang akan direalisasikan tahun depan, berbarengan dengan pembangunan pagar sisi jalan kiri-kanan oleh Dinas PU Provinsi,” jelas Abdul Halim.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi, Hj. Noni Yuliesti mengatakan jika untuk ploting anggaran pembangunan pagar yang mengelilingi kawasan TWA yang ada di Jalan Ringroad Simpang Empat Nakau-Air Sebakul sudah disiapkan dalam APBD 2019 mendatang.

Untuk angkanya dia tidak mengingat persis karena nantinya pelaksanaan pekerjaan akan langsung dilakukan OPD teknis yang dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi. Dikatakannya, pagar tersebut menjadi salah satu syarat untuk mewujudkan pembangunan jalan lingkar luar atau ringroad tersebut sesuai hasil koordinasi dari pihak balai jalan.

“Ya untuk perencanaan sudah dilakukan dan nantinya pada 2019, pelaksanaan pembangunan pagarnya dan itu sudah disiapkan. Itu memang menjadi syarat untuk pembangunan jalannya,” kata Noni kepada RB.

Lebih lanjut dikatakan, dari hasil koordinasi dengan pihak balai juga bahwa pelaksanaan pembangunan jalan juga akan dilaksanakan tahun depan (2019, red). Sehingga nantinya pembangunan jalan dan pagar akan bisa berbarengan nantinya. “Jadi memang setelah AMDALnya keluar, pembangunan pagar menjadi syarat dari pusat mereka akan melaksanakan pembangunan jalan jikka pihak Pemprov bersedia membangun pagar sisi kiri dan kanan jalannya,” terangnya.

Berkaitan dengan hal itu, antara Pemprov Bengkulu dengan Balai Jalan Kementerian PU juga sudah menandatangani perjanjian kerjasama tersebut. Dan mudah-mudahan nantinya realisasi pembangunan jalan ringroad tersebut bisa dilaksanakan nantinya. “Jadi kita memang harus membangun pagarnya, kalau kita tidak mau membangun maka pusat juga tidak mau membangun jalannya,” demikian Noni. (zie)

Berita Lainnya

Pertimbangkan Kenaikan Gaji Ketua RT

BENGKULU – Tuntutan kenaikan gaji Ketua RT/RW se-Kota Bengkulu dari Rp 500 ribu perbulan menjadi ...

error: Content is protected !!