Selasa , 20 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / 15 ASN BS Dipecat Terlibat Tindak Pidana Korupsi

15 ASN BS Dipecat Terlibat Tindak Pidana Korupsi

KOTA MANNA – Meskipun upaya Judicial Review (JR) masih dilakukan oleh ribuan Aparatur Sipil Negera (ASN) tapi Surat Keputusan (SK) pemecatan kepada 15 ASN di Pemkab Bengkulu Selatan (BS) sudah diumumkan.

Nantinya ke-15 ASN yang terlibat perkara tindak pidana korupsi tersebut bisa dipastikan tak akan menerima hak sebagai pensiunan ASN sebab diberhentikan dengan tidak hormat.

Kabid BKPSDM Kabupaten Bengkulu Selatan Nico Diwpayana menjelaskan pemberhentian 15 ASN itu bukan rekomendasi dari Pemkab BS tapi instruksi langsung dari BKN Pusat.

Tapi meskipun SK tersebut sudah berada pada Plt Bupati BS, 15 ASN yang dipecat tersebut masih bisa menyandang status ASN. Bila gugatan yang dilakukan para ASN dapat dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Dengan adanya putusan tersebut para ASN yang terlibat tindak pidana korupsi, tidak menerima hak–hak sebagai pensiun dari Negara,” terang Nico.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya tak mengetahui berapa banyak jumlah ASN yang bakal menyusul dipecat lantaran terlibat kasus korupsi. Karena semua data ASN terlibat korupsi, langsung ditangani oleh BKN Pusat. ‘’Kita tak mengetahui apakah nantinya ada yang menyusul dipecat, karena kita sifanya menunggu dari BKN,” jelas Nico.

Dari ke-15 ASN yang dipecat tersebut terbanyak berasal dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yakni 5 ASN. Menyusul 2 ASN dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud).

Lalu 2 ASN Dinas Pertanian (Distan), 1 ASN Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), 1 orang Sekretaris Desa (Sekdes), 1 ASN DPPKB P3A, 1 ASN Dinas Perkebunan (Disbun) dan ASN Pemkab 2 orang lagi.(tek)

Berita Lainnya

Pejabat Harus Peka Keluhan Masyarakat

KOTA MANNA – Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi, SE, MM, minta pada pejabat di ...

error: Content is protected !!