Rabu , 20 Februari 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Babinkamtibmas Ikut Awasi DD

Babinkamtibmas Ikut Awasi DD

ARGA MAKMUR – Pembangunan menggunakan dana desa (DD) di BU anggarannya hampir Rp 250 miliar per tahun. Hal ini membuat polisi bukan hanya mengambil langkah penindakan, tetapi juga mengetatkan pengawasan dan pencegahan.

Kapolres BU AKBP. Ariefaldi WN, SH, S.IK, MM menerangkan Babinkamtibmas yang bertugas di desa-desa bukan hanya menciptakan suasana kondusif di desa. Namun mereka juga diwajibkan mengawasi pelaksanaan DD di desa masing-masing. “Jadi Babinkamtibmas juga mengawasi pelasanaan DD. Sehingga program pemerintah untuk membangun desa benar-benar tercapai,” terangnya.

Dalam penanganan kasus hukum yang terkait dengan DD, pemerintah juga sudah membuat kerjasama antara penegak aparat hukum dan Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP). Sehingga audit terkait DD dilakukan oleh APIP dan diberikan waktu untuk pengembalian uang.

“Namun kita tetap melakukan pengawasan dan penindakan. Jika ada kerugian negara berdasarkan penghitungan APIP dan tidak dikembalikan maka tetap kita tindak,” tegas Kapolres.

Saat ini setiap Babinkamtibmas menangani tiga desa. Jumlah tersebut masih kurang jika dibandingkan antara jumlah Babinkamtimbas dan jumlah desa di BU dan Bengkulu Tengah (Benteng) yang masuk dalam wilayah hukum Polres BU.

“Selain Babinkamtibmas, kami juga menunjuk pejabat di Polsek untuk menjalankan tugas tambahan sebagai Babinkamtibmas sehingga setiap desa memiliki polisi yang menaunginya,” pungkas Kapolres.(qia)

Berita Lainnya

750 Ha Sawah akan Ditanam Jagung

ARGA MAKMUR – Bupati Bengkulu Utara (BU), Ir. H. Mian melakukan panen raya di kawasan ...

error: Content is protected !!