Kamis , 22 Agustus 2019
Home / Metropolis / Bangunan Liar Lapangan Golf Ditertibkan

Bangunan Liar Lapangan Golf Ditertibkan

LIAR: Sejumlah bangunan liar di depan lapangan golf Lingkar Barat yang semakin hari semakin banyak berdiri. Pemprov Bengkulu akan melakukan penertiban.

BENGKULU – Bangunan liar di sekitar lahan lapangan golf akan segera ditertibkan. Asisten I Pemprov Bengkulu Drs. Hamka Sabri, M.Si mengatakan untuk kepentingan tersebut sudah dikoordinasikan dengan Satpol PP, untuk mendata warga yang mendirikan bangunan liar tersebut.

Selain itu juga Satpol PP Provinsi Bengkulu diminta untuk berkoordinasi dengan Satpol PP Kota Bengkulu. Sebab warga yang mau ditertibkan tersebut adalah warga Kota Bengkulu. “Kita akan lakukan penertiban dalam waktu dekat ini. Di januari ini sudah ditertibkan,” kata Hamda Sabri.

Dia mengatakan, setelah memegang data, akan dilakukan klarifikasi dengan pemilik bangunan liar itu. Untuk mengetahui dasar mereka menduduki lahan dan mendirikan bangunan di atasnya. Setelah itu dicarikan waktu yang tepat untuk melakukan penertiban. Mengingat identivikasi masalah saat ini masih sedang dilakukan. Saat penertiban nanti, Pemprov sudah memiliki data sehingga tidak ada celah bagi mereka menganggap menyalahi aturan.

“Kita masih melakukan identifikasi masalah,” terangnya.

Dia juga mengatakan, mendirikan bangunan di sepanjang lahan pinggir pagar lapangan golf itu menyalahi aturan. Apalagi jika mereka tidak memiliki dasar yang jelas alas hak kepemilikan lahan. “Jelas karena itu tidak boleh didirikan bangunan,” terangnya.

Bangunan yang didirikan oleh warga itu tidak permanen. Mereka mendirikan dengan bagan kayu ataupun triplek. Ada yang menjadikannya sebagai tempat kediaman sekaligus tempat usaha. Sudah ada belasan bangunan yang sudah berdiri di atas lahan itu. “Sekarang kita lihat sudah banyak yang mendirikan bangunan,” terangnya.

Selain itu juga nanti, setelah dilakukan pembongkaran akan dicarikan solusi untuk tempat warga itu pindah. Sampai saat ini belum mendapatkan titik finish terkait relokasi tersebut. “Karena masih tahapan identifikasi masalah,” katanya.

Penyebab awal warga mendirikan bangunan di atas lahan itu juga akan diidentifikasi. Apalagi saat ini malahan mereka sudah mendapatkan layanan listrik ke bangunan liar itu. “Kita cari masalah awalnya. Listrik juga sudah ada yang masuk kesitu. Kalau sudah selesai bulan ini kita tertibkan,” terangnya.(del)

Berita Lainnya

Resmi Dilantik, Anggota DPRD Kota Bengkulu Diminta Bersinergi dan Kerja Profesional

BENGKULU–  Pasca Pemilu Presiden RI dan Legislatif, termasuk Pemilihan Legislatif DPRD Kota Bengkulu 17 April ...

error: Content is protected !!