Rabu , 19 Juni 2019
Home / Daerah / Seluma / Dukcapil Terutang 2 Ribu KIA

Dukcapil Terutang 2 Ribu KIA

SELUMA – Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Seluma masih terutang 2 ribu Kartu Identitas Anak (KIA) dari target 20 ribu KIA dicetak tahun 2018. Diakui Kepala Bidang Pencatatan Kependudukan Disdukcapil Seluma Dewi Ilmiati, KIA yang baru tercetak 18 ribu lembar.

‘’Masih 2 ribu lagi tunggakan kita di tahun 2018 yang akan dituntaskan awal tahun ini. Kalau yang 18 ribu sudah selesai dan sudah di terima oleh pemiliknya,’’ kata Dewi.

Dijelaskan Dewi, di Kabupaten Seluma terdapat sekitar 64 ribu anak umur 0-16 tahun yang akan mengurus KIA. Oleh karena itu dirinya menargetkan semua harus memiliki KIA. Sehingga di tahun 2019 target pembuatan KIA Disdukcapil Seluma menjadi 35 ribu. ‘’Semuanya kita tergetkan punya kartu identitas, sehingga kita mudah dalam mendatanya,’’ katanya.

Ini akan terus kita laksanakan dan ini menjadi target kita di tahun 2019 bisa dicetak lagi KIA hingga 35 ribu lembar,’’ kata Dewi.

Kendala yang dihadapi Disdukcapil Seluma saat ini menurut Dewi adalah masih kekurangan mesin pencetak yang hanya ada satu unit. ‘’Mesin pencetak kita sebenarnya ada 8 unit. Namun lima unit rusak. Tiga yang bisa dioperasikan, dua diantaranya

untuk cetak e-KTP, sehingga hanya satu unit khusus untuk cetak KIA,’’ jelas dewi.

Atas kondisi demikian Dinas Dukcapil akan mengusulkan di APBD Perubahan 2019 untuk penambahan mesin cetak. ‘’Agar target pencetakan KIA kita dapat tuntas di tahun 2019,’’ pungkasnya.(aba)

Berita Lainnya

CJH Berangkat 14 dan 16 Juli, Dibagi 2 Kloter

SELUMA – Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Seluma, Drs. Herman Yatim, MM menyampaikan sebanyak 203 Calon ...

error: Content is protected !!