Wednesday , 23 January 2019
Home / Berita utama / Gubernur Pilih Dua Nama Dari Empat Usulan

Gubernur Pilih Dua Nama Dari Empat Usulan

BENGKULU – Bursa pemilihan calon wakil gubernur mengerucut pada empat nama yang saat ini menjadi ketua di masing-masing partai pengusung. Yakni Ketua DPW PKB Provinsi Herliardo, Ketua DPD Partai Hanura Muslihan Ds, Ketua DPP PKPI Mermedi Rian dan Pengurus DPP NasDem Dedy Ermansyah.

Empat nama ini akan usulkan ke Gubernur Dr. drh. Rohidin Mersyah, MMA. Nantinya Rohidin akan menyeleksi menjadi dua nama untuk kemudian  dikembalikan ke partai pengusung. Oleh partai pengusung, dua nama ini akan dikirimkan ke dewan pengurus pusat masing-masing partai pengusung untuk meminta persetujuan.

Skenario ini menurut Sekretaris DPD Hanura Provinsi Bengkulu Usin Abdisyah Putra Sembiring yang akan dimainkan dalam pemilihan pilwagub. Hasil kesepakatan saat pertemuan partai pengusung dengan gubernur beberapa waktu lalu. “Setelah itu baru nanti akan dikirimkan ke DPRD Provinsi Bengkulu untuk dipilih,” katanya.

Nama-nama yang menguat sekarang adalah ketua partai pengusung yang akan mendampingi gubernur. Kecuali NasDem yang kemungkinan akan mengutus kader terbaiknya untuk maju dalam bursa Pilwagub tersebut. Yakni Sekretaris DPW Partai NasDem Erna Sari Dewi.

Usin mengatakan komunikasi antara gubernur dan juga partai pengusung sudah berjalan. Pada dasarnya Gubernur menyerahkan sepenuhnya nama-nama calon wakil gubernur itu pada partai pengusung. “Karena memang ini ranahnya partai pengusung,” terangnya.

Dia juga mengatakan, pada prinsipnya gubernur tidak mempersoalkan siapapun yang akan diajukan. Asal partai pengusung kompak dan tidak terpecah lantaran pemilihan wakil gubernur ini. “Karena ini silaturahmi awal, beliau berharap karena partai pengusung bicarakan formatnya seperti apa pada prinsipnya dia ikut putusan partai pengusung,” terangnya.

Gayung bersambut partai pengusung tidak pula harus ribet untuk mencari nama yang cocok untuk wakil gubernur. “Nanti kami akan menyerahkan nama-nama. Nama-anam iu disetujui gubernur dua nama ini diajukan ke DPP partai masing-masing. Biar kita tidak ribet. Pada prinsipnya sama partai pengusung juga memikirkan kelanggengan dukungan wakil gubernur untuk kerja gubernur,” terangnya.

Dalam waktu dekat ini akan ada kembali pertemuan dengan gubernur untuk membahas dua nama itu. “Tapi bagaimanapun kami memikirkan juga pertimbangan gubernur untuk dua orang ini siapa. Ini silakan putuskan ke gubernur. Kami akan ajukan empat nama pilih lah siapa, akan direstui oleh DPP masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu dikonfirmasi, Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah mengatakan menyerahkan pada partai pengusung. Yang tidak kalah pentingnya dalam pengusungan nama itu dengarkan aspirasi dari masyarakat. “Saya serahkan sepenuhnya pada partai pengusung,” katanya.

Sementara itu Ketua DPD PKB Provinsi Bengkulu Heliardo mengatakan, saat ini mereka masih menunggu partai pengusung lainnya untuk memasukkan empat nama calon gubernur itu. Untuk PKB sendiri saat ini kader partai yang lain sudah mempercayakan dirinya untuk masuk dalam bursa Pilwagub tersebut. “Kemarin pak gubernur minta waktu sampai Januari. Kita masih menunggu informasi dari gubernur. Kalau sudah nanti maka akan kita masukkan nama calon wakil gubernur itu,” terangnya.

Dia menjelaskan, inti dari penentuan nama-nama calon wakil gubernur itu adalah kesepakatan antara partai pengusung. Jangan sampai nantinya akibat ini terjadi gejolak dari tubuh partai pengusung sendiri. Sehingga harus diambil dengan cara kesepakatan bersama. Salah satunya nanti setiap partai pengusung akan mengusulkan nama. “Sejauh ini kita masih menunggu, sebab gubernur minta waktu terlebih dahulu. Pertemuan dengan gubernur sudah dilakukan,” terangnya.

Dia sendiri belum melakukan pendekatan secara professional dengan gubernur terkait dengan pemilihan wakil gubernur ini. “Belum, belum ada pembicaraan ke arah situ,” tutupnya.

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Komunikasi DPD Golkar Provinsi Bengkulu Zulkarnain Kaka Jodho mengatakan Rohidin sebagai ketua Golkar yang menjabat sebagai Gubernur Bengkulu tentu harus memiliki pendamping yakni wakil Gubernur dalam memimpin Bengkulu. Figur yang cocok adalah bisa bekerjasama dengan gubernur. Berpengalaman dibidang birokrasi, tidak ngotot maju mencalon gubernur periode berikutnya. “Untuk ketua partai mereka sudah berkorodinasi dengan Rohidin. Semuanya sudah bicara ke gubernur. Intinya kita serahkan pada partai pengusung,” tutupnya.(del)

Berita Lainnya

Supratman, Putra Daerah Asal Seluma Pimpin Polda Bengkulu

BENGKULU – Pucuk pimpinan di Kepolisian Daerah Bengkulu kembali berganti. Berdasarkan surat telegram Kapolri nomor ...