Wednesday , 23 January 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Izin Pendirian Pabrik

Izin Pendirian Pabrik

ARGA MAKMUR – Tahun 2017 lalu, pengajuan izin pengecualian pendirian pabrik karet di Bengkulu Utara agar tidak perlu memenuhi syarat kepemilikan lahan 20 persen dari jumlah perkebunan karet di BU, sudah di meja menteri. Terkait hal itu, Pemkab BU terus berkoordinasi apakah izin pengecualian tersebut bisa disetujui.

Sekda BU Dr. Haryadi, MM, M.Si menjelaskan jika Menteri Perindustrian memberikan izin pengecualian tersebut, maka pembangunan pabrik bisa segera dilakukan. Sebab izin di daerah sudah mencapai 80 persen dan menunggu izin pengecualian tersebut.

“Jika mendapatkan izin Menperin, pembangunan dilaksanakan. Tahun ini bisa berdiri. Apalagi perusahaan juga sudah membeli lahan masyarakat untuk pembangunan pabrik,” terangnya.

Saat ini angka kemiskinan di BU 11 persen lebih dan ditargetkan tahun ini bisa di bawah 10 persen. Salah satu solusi yang diharapkan menekan angka kemiskinan

adalah dengan pendirian pabrik karet, dimana perkebunan karet merupakan komoditi unggulan masyarakat.

“Dengan adanya pabrik maka harga beli karet petani akan tinggi karena menekan ongkos angkut tengkulak. Dengan sendirinya kesejahteraan meningkat,” harap Haryadi.

Selain itu tentunya Pemkab BU juga akan memantau perkembangan harga kelapa sawit. Meski terpaku dengan harga Crude Palm Oil (CPO) dunia, diprediksi tahun ini juga akan ada kenaikan harga. “Minimal harga TBS kelapa sawit Rp 1.000 per kilogram di kebun,” ujarnya.(qia)

Berita Lainnya

Visum Adik Tersangka

ARGA MAKMUR – Penyidik Sat Reskrim Polres BU akan melanjutkan pemeriksaan pada Ik (17) tersangka ...