Sabtu , 20 Juli 2019
Home / Daerah / Lebong / Masih 7.096 Jiwa Belum Rekam E-KTP

Masih 7.096 Jiwa Belum Rekam E-KTP

PELABAI – Dari target 76.664 jiwa wajib Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kabupaten Lebong, baru 69.568 jiwa yang sudah melakukan perekaman data. Sisanya, 7.096 wajib e-KTP atau 9,25 persen dari target yang belum rekam data diupayakan sudah melakukan perekaman sebelum April. Persisnya sebelum pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebong, Elva Mardiana, S.IP, M.Si menjelaskan, data penduduk yang sudah rekam eKTP itu diperoleh sesuai data anomali kependudukan hingga periode 31 Desember 2018. Yakni pelacakan data penduduk berdasar temuan kegandaan status kependudukan. ‘’Termasuk penduduk yang meninggal dunia serta pindah domisili namun belum melapor,’’ kata Elva.

Dipastikannya, setiap penduduk yang belum melakukan perekaman hingga April akan diblokir. Tujuannya menghindari kerancuan data penduduk. Namun identitas penduduk yang diblokir masih bisa diaktifkan kembali setelah yang bersangkutan melakukan perekaman. ‘’Makanya sebelum diblokir, kami harap penduduk yang belum punya eKTP segera melakukan perekaman data ke Dukcapil,’’ terang Elva.

Diakuinya, Dukcapil sudah berusaha maksimal dalam proses perekaman e-KTP sepanjang tahun 2018. Diantaranya menerapkan kebijakan jemput bola ke setiap desa dan kelurahan serta kecamatan. Tetapi kesadaran masyarakat melakukan perekaman e-KTP masih terbilang rendah. ‘’Cukup banyak kendala yang kami temui. Antara lain saat petugas jemput bola ke lapangan, orang bersangkutan tidak datang,’’ ungkap Elva.

Agar perekaman e-KTP berjalan maksimal, peran kepala desa, lurah dan camat masih sangat diperlukan. Khususnya dalam hal pendataan perubahan struktur penduduk di wilayahnya. Mulai dari angka kelahiran, kematian hingga mobilisasi penduduk. ‘’Kalau update data penduduk dari desa dan kelurahan valid dan rutin dilaporkan ke Dukcapil, pastinya tidak akan terjadi data penduduk ganda atau eror,’’ tutup Elva.(sca)

Berita Lainnya

Target PAD Lelang Mobnas Rp 2 M

PELABAI – Dalam proses lelang 80 unit mobil dinas (mobnas), Bidang Aset, Badan Keuangan Daerah ...

error: Content is protected !!