Selasa , 20 Agustus 2019
Home / Daerah / Lebong / Sekda Wajib Punya Jaringan Ke Pusat

Sekda Wajib Punya Jaringan Ke Pusat

PELABAI – Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si memastikan jabatan sekretaris daerah (sekda) dilelang akhir Januari. Diharapnya, seluruh PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong yang memenuhi syarat mendaftarkan diri. ‘’Siapapun yang terpilih, saya harap sekda kabupaten definitif nanti benar-benar kompeten,’’ kata Bupati.

Kompeten dimaksud tidak hanya sebatas mampu mengendalikan sistem pemerintahan dan mengatur tugas Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sekda juga diharapnya memiliki kemampuan koordinasi yang berkesinambungan dengan pemerintah pusat. ‘’Jangan bisanya hanya menyuruh anak buah, sementara sekda sendiri tidak punya jaringan yang kuat ke pusat,’’ jelas Bupati.

Agar jabatan sekda benar-benar diduduki orang yang tepat, Bupati pastikan lelang jabatan terbuka bagi PNS di luar Lebong. Tolak ukurnya tetap didasarkan kepada kompetensi. Bukan atas dasar kedekatan emosional.

‘’Satu hal yang perlu diingat, jabatan sekda itu sangat berat. Jadi jangan berharap saat duduk di kursi Sekda Kabupaten Lebong nanti, orangnya bisa santai,’’ tukas Bupati.

Bukan tanpa alasan, tugas sekda dipastikan berat karena Lebong masih menitik beratkan pembangunan pada peningkatan infrastruktur. Termasuk penambahan jumlah pegawai dan peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah direkrut. ‘’Kalau bisa, saya ingin sekdanya putra daerah Lebong. Tetapi yang benar-benar pantas, jangan yang nantinya justru membuat malu,’’ ungkap Bupati.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lebong, H. Guntur, S.Sos mengatakan, dalam proses lelang jabatan sekda pihaknya melibatkan Pemerintah Provinsi Bengkulu sebagai panitia lelang. PNS yang boleh mengikuti proses lelang jabatan sekda minimal bergolongan IV/c.

‘’Di Kabupaten Lebong hanya ada delapan PNS yang memenuhi syarat ikut lelang sekda. Kami harap delapan PNS bersangkutan mendaftar saat lelang dibuka,’’ pungkas Guntur.(sca)

Berita Lainnya

Bongkar Rusun dan Pasar Modern

PELABAI – Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) diminta membongkar fisik bangunan Pasar Modern ...

error: Content is protected !!