Rabu , 27 Maret 2019
Home / Daerah / Lebong / Tak Dilayani PDAM

Tak Dilayani PDAM

AMEN – Kendati sumber air sangat berlimpah di Lebong, tidak semua masyarakat bisa menikmati pelayanan air bersih dari Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM). Dari 12 kecamatan se-Kabupaten Lebong, salah satunya Kecamatan Pinang Belapis sama sekali belum disentuh PDAM Tirta Tebo Emas.  Sebagian warga terpaksa mengandalkan sungai secara langsung sebagai sumber air bersih untuk kebutuhan Mandi Cuci dan Kakus (MCK).

Direktur PDAM Tirta Tebo Emas, Drs. Sopian Razik tidak menampik pihaknya memang belum mampu melayani kebutuhan air bersih di Kecamatan Pinang Belapis. Sumber mata air yang masuk kawasan hutan menjadi kendala utama pelayanan air bersih ke Pinang Belapis. ‘’Geografis Pinang Belapis berbatasan langsung dengan TNKS (Taman Nasional Kerinci Sebelat, red),’’ aku Sopian.

Atas kondisi itu, tentunya PDAM akan kesulitan dalam mengurus izin ke pusat. Terlebih jika pembangunan yang dilakukan menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), prosesnya akan semakin sulit.

Dipastikannya, Satuan Kerja (Satker) tidak akan sanggup membagun jaringan air bersih karena harus dilakukan studi potensi layak pakai, proses kesehatan lingkungan serta beberapa syarat penunjang lainnya. ‘’Jumlah penduduk juga berpengaruh. Biaya pasangnya belum sebanding jumlah pelanggan,’’ tukas Sopian.

Namun tidak masuknya PDAM Tirta Tebi Emas ke Pinang Belapis, versi Sopian, tidak berpengaruh terhadap kebutuhan air bersih masyarakat. Rata-rata warga Pinang Belapis mendapat pelayanan air bersih PAM Desa melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). ‘’Atas kondisi itu juga, kami PDAM tidak begitu ngotot harus masuk ke Pinang Belapis,’’ tutur Sopian.(sca)

Berita Lainnya

Antisipasi Bencana, Dinas Ketahanan Pangan Usulkan Cadangan Beras 100 Ton

LEBONG SAKTI – Dalam struktur APBD Perubahan tahun ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Lebong ...

error: Content is protected !!