Kamis , 21 Februari 2019
Home / Metropolis / Lelang Camat dan Lurah Libatkan Warga

Lelang Camat dan Lurah Libatkan Warga

BENGKULU – Pemkot Bengkulu mewacanakan menggelar lelang secara terbuka untuk posisi camat dan lurah di Kota Bengkulu layaknya jabatan eselon II. Namun bedanya, bila seleksi terbuka eselon II hanya melibatkan Panitia Seleksi (pansel), maka untuk pemilihan camat dan lurah akan melibatkan warga di masing-masing kelurahan dan kecamatan.

Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi, SE, MM menerangkan Pemkot berencana akan menggelar seleksi terbuka untuk posisi jabatan camat dan lurah. Semua ASN di lingkungan Pemkot Bengkulu memiliki kesempatan untuk mendapatkan posisi ini. Tidak tim baperjakat nantinya yang akan terlibat langsung, namun warga di masing-masing kelurahan dengan diwakili oleh Ketua RT/RW bisa ikut memberikan penilaian dan masukan untuk 3 besar calon camat dan lurah.

“Ada 5 calon camat dan lurah nantinya akan memaparkan visi dan misinya layaknya pemilihan walikota, langsung dihadapan warga masing-masing. Semua ASN bisa mendaftar, selama memenuhi syarat,” kata Dedy.

Pada saat pemaparan visi dan misi calon camat dan lurah, sambung Dedy, ada penilaian dari baperjakat dan RT/RW setempat untuk menyeleksi kembali 5 calon camat dan lurah hasil seleksi administrasi, menjadi 3 besar. Kemudian dari 3 nama terpilih dari tahapan pemaparan visi misi ini nantinya akan diserahkan ke wali kota untuk dipilih 1 orang sebagai camat dan lurah baru. “Diutamakan yang berdomisili ditempat agar memudahkan warga untuk berurusan,” jelas Dedy.

Dedy menambahkan para camat dan lurah terpilih ini nantinya akan diberikan fasilitas tambahan. Selain mendapatkan tunjangan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP), juga akan diberikan upah pungut, insentif tambahan serta mobil dinas bagi lurah. Pemberian fasilitas tambahan ini mengingat tugas camat dan lurah kedepannya dituntut bisa lebih baik dari sebelumnya.

“Seorang camat, lurah harus memiliki kemampuan bermasyarakat, semangat kepamongan dan mengayomi warganya,” imbuh Dedy. (key)

Berita Lainnya

Pinjaman Dana SMI Terancam Batal

BENGKULU – Usulan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu meminjam dana ke PT Sarana Multi Infasrtuktur (SMI) ...

error: Content is protected !!