Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Metropolis / Organisasi Risma Mati Suri

Organisasi Risma Mati Suri

YUNIKE/RB
RAPAT: Wawali Bengkulu, Dedy Wahyudi, SE, MM saat rapat bersama MUI, ormas tentang rencana pengaktifan kembali organisasi risma, Kamis (3/1)

BENGKULU – Peran remaja dalam memakmurkan masjid terus menurun. Bahkan ratusan organisasi Remaja Islam Masjid (Risma) di Kota Bengkulu mengalami mati suri. Pemkot berupaya mengaktifkan kemblai Risma ini dengan menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bengkulu, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bengkulu, serta ormas lainnya.

Dikatakan Kasi Syariah Kantor Kemenag Kota Bengkulu, H. Marzuki, S.Pd, M.Pd.I usai pertemuan dengan Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi, SE, MM kemarin (3/1), ada 481 masjid tersebar di Kota Bengkulu. Namun sayangnya belum seluruhnya memiliki organisasi Risma. Bahkan yang sudah ada Risma pun saat ini mayoritas sudah mati suri alias tidak aktif lagi.

“Rapat hari ini (kemarin, red) bersama wawali membahas persiapan untuk mengaktifkan risma kembali dalam rangka untuk memakmurkan masjid,” kata Marzuki didampingi Ketua MUI Kota Bengkulu, dan pengurus IKMI Kota Bengkulu.

Dengan aktifnya organisasi Risma pada setiap masjid di Kota Bengkulu, sambung Marzuki, maka diharapkan para remaja dan pemuda dapat ikut serta memakmurkan masjid. Selain itu, keberadaan risma juga dapat menekan dan mengantisipasi maraknya tindak kriminalitas termasuk kejahatan sosial dengan pelaku para remaja.

“Ditengah globalisasi sekarang ini. kita lihat pemuda-pemuda kurang aktif ke masjid lagi,” sesalnya.

Diitambahan Dedy Wahyudi, pembangunan di Kota Bengkulu tidak hanya sebatas pembangunan fisik infrastruktur namun juga pembangunan mental keagamaan. Diantaranya memakmurkan masjid yang salah satu caranya dengan menghidupkan kembali organisasi risma. Pemkot nantinya akan bekerjasama dengan instansi terkait menggelar lomba risma. Pemenang akan diberi hadiah mengikuti wisata religi ke luar kota.

Tidak menutup kemungkinan, pemenang juga bisa mendapatkan umrah gratis. “Ini terinspirasi dari imbauan wali kota pada malam pergantian tahun baru. Kalau risma aktif Insya Allah masjid makmur. Pada HUT Kota ke-300 juga akan digelar jambore pemuda Islam,” demikian Wawali. (key)

Berita Lainnya

Distribusi BPNT, Dinsos Gandeng Karang Taruna

BENGKULU – Dinas Sosial Provinsi akan bekerja sama dengan Bulog Bengkulu untuk memasok kebutuhan komoditas ...

error: Content is protected !!